khutbah jum'at tumrap kadang umat islam pedesaan
PETANI
الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ
وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا،
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ.
وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ
أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.
يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ
الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ
مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ
بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا. يَا أَيُّهَا
الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ
لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ
وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا.
أَمَّا بَعْدُ؛
فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهَ، وَخَيْرَ الْهَدْيِِِِِِِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَّرَ الأُمُورِ
مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ
ضَلاَلَةٍ فِيْ النَّارِ.
Maasyiral Muslimin Rahimakumullah
Saben dinten
Jum’at Khatib tansah wasiatkaken supados ningkatkaken takwa marang Gusti Allah
kanti nindakaken sedaya perdintahipun, saha nebihi sedaya awisanipun. Mugi-mugi
kanti estunipun takwa kita, pagesangan kita bade langkung tentrem tuwin tansah
angsal ridhanipun gusti Allah s.w.t.
Saking
Jabir bin Abdillah radhiallahu anhu: Kanjeng Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pepanggihan
kaliyan Ummu Mubasyir Al-Anshariyah ing kebun kurma. Kanjeng Nabi shallallahu
‘alaihi wasallam ngendika, “Sapa to kang tandur wit kurma iki? Munapa deweke muslim
munapa kafir?” deweke wangsulan, “tiang Muslim duh rosul.” Kanjeng rasul medal sabda:
لَا يَغْرِسُ مُسْلِمٌ غَرْسًا وَلَا يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلَ مِنْهُ إِنْسَانٌ وَلَا دَابَّةٌ وَلَا شَيْءٌ إِلَّا كَانَتْ لَهُ صَدَقَةٌ
لَا يَغْرِسُ مُسْلِمٌ غَرْسًا وَلَا يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلَ مِنْهُ إِنْسَانٌ وَلَا دَابَّةٌ وَلَا شَيْءٌ إِلَّا كَانَتْ لَهُ صَدَقَةٌ
“ora
ano saka muslim kanti tani munapa kemawon, lan ora ano saka panene munapa
kemawon. Kajobo .. nalika didahar dening manungsa munapa dene kewan munapa
dene sanese kaitung kanti Sodaqoh.” (HR. Muslim)
saking Jabir bin Abdillah
radhiallahu anhu: Kanjeng Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam medal sabda:
مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا إِلَّا كَانَ مَا أُكِلَ مِنْهُ
لَهُ صَدَقَةً وَمَا سُرِقَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةٌ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ مِنْهُ
فَهُوَ لَهُ صَدَقَةٌ وَمَا أَكَلَتْ الطَّيْرُ فَهُوَ لَهُ صَدَقَةٌ وَلَا
يَرْزَؤُهُ أَحَدٌ إِلَّا كَانَ لَهُ صَدَقَةٌ
“ora
ano saka muslim kang tani kanti munapa kemawon kajaba saben tuwuhipun
pepanganan kaitung sodaqoh. Munapa dene dimaling tiang kaitung sodaqah. Munapa
dene dipangan kewan saba kaitung sodaqoh. Munapa dene dipangan peksi kaitung sodaqoh.
Munapa dene dipendet saka wohe kaitung sodaqoh” (HR. Muslim )
Jamaah Jum’ah rakhimaniy wa rakhimakumullah
Gusti Allah Ta’ala sampun
nyawiskake katah wewalesan saben
tumindak kesaenan munapa kemawon sakniaso dianggep remeh dening manungsa. Gusti
Allah mboten nyawiskake wewalesan kanggo wong-wong kang sugih, ananging uga
nyawiskaken dalan-dalan sedekah tumrap sapa wae kang kahanane miskin, kaya
dene petani.mekaten kala wau bukti nyata bilih Islam dados rahmat kanggo
sekalian alam.
Kita
mersani bilih saben petani -kanti syarat
muslim- saget angsal anubawa saka Gusti Allah kang katah sanget sak sinteno
kemawon kang dahar saka among tuwuhe petani, sae manungsa kewan saba, kanti izin munapa dene
dipun maling). Sabdanipun kanjeng Nabi shallallahu alaihi wasallam ing hadits
Abu Hurairah radhiallahu anhu:
فِي كُلِّ كَبِدٍ رَطْبَةٍ أَجْرٌ
“caos
welas tumrap saben makhluk kang nyawa angsal anubawa.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Hadits
ing ngajeng kala wau menunjukkaken semangat nalika merdi rizki lan makarya kanti
dalan kang halal. Perintah niki ugidipun
ngendikakaken Allah subkhanawata’ala,
هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ
الْأَرْضَ ذَلُولًا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا مِنْ رِزْقِهِ وَإِلَيْهِ
النُّشُورُ
“Pangeran kang gae bumi iku cemepak kanggo sira
, mila sira merdi ing kabehe papan lan makanlah sebahagian dari
rizki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” (QS. Al Mulk: 15).
Bahkan giat bekerja
dalam rangka mencari nafkah adalah jalan yang ditempuh para nabi ‘alaihimush sholaatu was salaam. Sebagaimana disebutkan bahwa Nabi Daud
mendapatkan penghasilan dari hasil keringat tangannya sendiri. Sedangkan Nabi
Zakariya ‘alaihis salam bekerja sebagai tukang kayu. Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallamsendiri pernah menjadi pengembala kambing, bahkan pernah
menjadi pedagang dengan menjualkan barang milik Khodijah radhiyallahu ‘anha.
Lantas Manakah Pekerjaan yang Terbaik?
Para
ulama berselisih pendapat dalam hal ini. Imam Al Mawardi, salah seorang ulama
besar Syafi’i berpendapat bahwa yang paling diberkahi adalah bercocok tanam
karena tawakkalnya lebih tinggi. Ulama Syafi’iyah lainnya yaitu Imam Nawawi
berpendapat bahwa yang paling diberkahi adalah pekerjaan dengan tangan, dan
bercocok tanam yang lebih baik dengan tiga alasan, yaitu termasuk pekerjaan
dengan tangan, tawakkal seorang petani itu tinggi dan kemanfaatannya untuk
orang banyak, termasuk pula manfaat untuk binatang dan burung.
Menurut
penulis Taudhihul Ahkam, Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman Ali
Bassam, pekerjaan terbaik adalah disesuaikan pada keadaan setiap orang. Yang
terpenting adalah setiap pekerjaan haruslah berisi kebaikan dan tidak ada
penipuan serta menjalani kewajiban yang mesti diperhatikan ketika bekerja.
Kita
dapat berdalil dengan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ
بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجِزْ
“Bersemangatlah melakukan hal yang bermanfaat
untukmu dan meminta tolonglah pada Allah, serta janganlah engkau malas” (HR. Muslim no. 2664). Dan ditambah lagi
pekerjaan terbaik adalah yang banyak memberikan kemanfaatan untuk orang banyak.
Moga
Allah memberi keberkahan pada usaha kita dalam mencari nafkah dan bekerja
keras. Hanya Allah yang memberi taufik.
0 Response to "khutbah jum'at tumrap kadang umat islam pedesaan"
Post a Comment