ini

LIHAT INI JUGA YA

COBA DISINI

KLik ya..

MELAYANG





SERVIS RINGAN MOTOR EMPAT LANGKAH


1. Motor empat tak


       Motor empat tak yaitu motor yang menghasilkan tenaga dalam dua putaran terjadi empat langkah, dari empat langkah yaitu :
Langkah hisap
Langkah kopresi
Langkah kerja
Langkah buang

       Dari langkag-langkah tersebut motor dapat berkerja, sehingga dapat memutarkan roda. Langkah-langkah tersebut berbeda-beda keteranganya, keterangan dari empat langkah tersebut yaitu
a. Langkah hisap
Dimulai torak berada pada puncak langkahnya dan katup IN terbuka. Begitu torak turun, campuran  bahan baker dan udara masuk ke dalam silinder malalui katup IN.

b. Langkah  Kompresi atau pemampatan
Bila torak telah menyelesaikan turunnya, maka katup IN  tertutup. Poros engkol berputar mendorong torak kembali ke atas, sehingga memampatkan campuran bahan baker  dan udara dalam ruang bahan bakar.

c. Langkah Kerja atau pengapian
Langkah ini ditimbulkan pada saat ini terjadi percikan bunga api listrik dari busi. Akibat ledakan menyebabkan tekanan yang mendorong torak ke bawah.

Langkah buang
Pada akhir langkah trurun, katub EX  terbuka, ketika terjadi langkah naik kembali dan mendorong sisa-sisa pembakaran. Putaran ini terjadi berulang-ulang selama mesin hidup dan setiap langkah berkaitan.

2. torak


     Torak atau Piston itu bergerak lurus bolak-balik didalam silinder. Torak suatu komponen penting yang berfungsi sebagai penghasil gerakan akibat langkah-langkah diatas. Torak biasanya dibuat dari besi tuang, semi baja dan campuran Alumunium.

     Torak  memiliki bentuk puncak atau permukaannya biasanya rata, cembung miring, ataupun cekung dan torak mempunyai kelonggaran silinder yang konstan atau berubah-ubah.

    Torak harus dibuat dari bahan yang memiliki sifat-sifat sebagai berikut ; ringan, kuat/kukuh, penghantar panas yang baik, koefesien muai yang kecil, tahan aus dan murah harganya.

    Biasanya torak dibuat dari besi tuang kelabu, baja tuang, atau campuran Alumunium, karena logam-logam ini tahan panas tinggi dan lebih tahan terhadap keausan.

3. Ring atau Cincin Torak

     Ring atau cincin torak yaitu komponen pada torak yang berfungsi sebagai sekat gas diatas torak agar proses kompresi dan ekspansi dapat berlangsung dengan baik. Selain itu, cincin juga berfungsi sebagai penghapus minyak pelumas pada dinding silinder sehingga tidak ikut terbakar dan membentuk kerak karbon pada busi, katup, dan ruang bakar.

     Cincin torak juga bertugas membantu mendinginkan torak, karena cincin torak menyalurkan sejumlah panas dari torak ke dinding silinder. Menurut fungsinya cincin torak dikelompokan atas cincin kompresi dan cincin minyak. Umumnya pada torak terdapat tiga atau empat cincin.

     Cincin kompresi ditempatkan paling atas, sedangkan cincin minyak pada bagian bawah. Cincin kompresi biasanya dibuat dari besi tuang kelabu, karena keunggulan bahan ini terhadap aus dan gaya pegas.

4. Mekanisme Katup

      Katup digerakan oleh mekanisme katup yang terdiri dari poros kam, batang penekan, pegas penutup, rol baut penyetel. Tiap silinder motor empat tak memerlukan dua katup, yaitu katup masuk(IN) dan katup buang(EX).

      Poros kam diputar oleh poros engkol melalui transmisi roda gigi atau rantai. Poros kam berputar dengan kecepatan setengah putaran poros engkol, jadi diameter roda gigi pada poros kam adalah dua kali diameter roda gigi pada poros engkol.

5. Katup

      Katup ialah suatu alat yang bertugas untuk memutuskan dan menghubungkan ruang silinder diatas torak dengan udara luar pada saat yang dibutuhkan. Tiap silinder motor empat tak memiliki dua buah katup, yaitu ; katup buang(EX) dan Katup isi(IN).

      Kepala katup mempunyai peranan yang penting, karena katup harus tetap bekerja baik, walaupun temperaturnya berubah-ubah. Biasanya katup masuk(IN) lebih kecil tetapi lebih tebal, karena kekuatan yang tinggi.

     Bila katup sedang menutup. Katup harus duduk rapat pada gelang dudukannya, agar penyumbatan dapat berlangsung dengan baik. Bidang bawah permukaan katup diserongkan 30°-45° bersama gelang dudukannya.

Karburator


  Karburator yaitu komponen yang sangat penting, yang berfungsi mengabutkan campuran bahan bakar dan udara sebelum dibakar di ruang silinder.

  Pada karburator terdapat ruangan yang disebut dengan ruang ventury. Ruang ventury bentuknya limgkaran, dengan lingkaran diluar besar sedang semakin ke dalam semakin kecil, sehingga memberikan tekanan yang besar.

  Guna ruang ventury, yaitu mengangkat bensin dari ruang pelampung karena adanya perbedaan tekanan pada ruang ventury dan ruang pelampung.





8. Busi


     Busi yaitu komponen kelistrikan yang berfungsi sebagai penghasil loncatan bunga api listrik di dalam ruang bakar. Busi dapat menghasilkan loncatan bunga api listrik ±10.000 Volt, karena adanya perbedaan katup elektroda pada sebuah busi dan mengalami tekanan tinggi.

    Pada busi terdapat celah antara 2 kutub yang harus diatur jaraknya. Biasanya jika jarak celah terlalu jauh maka motor akan lebih boros bensin, karena loncatan bunga api yang dihasilkan lebih besar. Jarak yang ideal adalah antara o,8-0,9 mm.

9. Accu atau Baterai

    Baterai ialah sumber listrik dengan arus listrik DC (searah yang timbul karena suatu reaksi kimia. Baterai berguna untuk menyalakan lampu, bel, motor starter, dll.

    Baterai akan lama pemakaiannya, jika kita sering membersihkan kotoran pada kutub dan kerak pada dasar wadah.

B. Langkah-Langkah Penservisan

a. Elemen pembersih udara (filter udara)
langkah-langkah :
Lepas sekrup pada tutup filter.
Keluarkan elemen penyaringan dari filter.
Bersihkan filter dengan bensin atau minyak, dan semprot dengan udara tekanan tinggi atau kompresor.
Celupkan busa pada oli yang bersih, kemudian peras.
Pasangkan kembali bagian-bagian tadi dengan baik.

b. Karburator
lepaslah karet/pipa antara karburator dan filter.
lepas skep pada karburator.
lepaslah pipa bensin.
lepaslah karburator dari manipol dengan kunci pas 8 mm.
lepas mangkuk pelampung menggunakan obeng (+).
lepaslah jarum/engsel pada pelampung.
lepas penyemprot utama, penyemprot pilot (jet pilot) menggunakan kunci pas 8 atau tang, kemudian semprotlah dengan kompresor.
semprotilah lubang/saluran yang dilalui udara ataupun bensin.
pada  bagian luar bersihkan dengan minyak dan kuas.
kemudian pasangkan bagian yang dilepas dengan baik.

c. Busi


lepas busi dengan menggunakan kunci busi/kunci ring 16.
Bersihkan baja dengan dengan amplas pada bagian elektroda agar keraknya hilang.
Bersihkan badan isolator dengan kain bersih.
Ukurlah jarak elektroda.
Aturlah jarak elektroda 0,6-0,8 mm
Bersihkan tutup busi pada bagian luar dan dalam.






D. Piston, Silinder Pembakaran, dan Katup


Gunakan kunci T8 untuk melepas baut penutup rantai kamprat.
Gunakan kunci sock 10 untuk melepas baut kepala silinder.
Lepas kepala silinder.
Lepas baut penutup magnit untuk mencari TOP.
Bersihkan ruang bakar dari kerak.
Lepas baut pada ruang silinder.
Telitilah kerusakan pada stang piston, ring, dan bantalan pada piston.
 Bersihkan seker dari kerak.
Lepas penutup pelatuk pada keapala silinder.
Lepaslah baut pelatuk.
Lepas pegas katup dengan kunci busi.
Lepas Noken AS, kemudian cek apakah As sudah aus.
Bersihkan katup dari kerak, kemudian cek dengan memberi minyak/bensin pada rumah katup, apakah katup bocor?
Jika bocor, maka harus dilakukan penyekuran.

e. Pengecekan Accu
Buka karet penutup Accu.
Gunakan T8 atau obeng (+) untuk membuka/melepas kabel.
Lepas selang/pipa ventilasi.
Buka tutup Accu.
Bersihkan kabel dan lubang baut pada Accu dari kotoran. Jika tegangan berkurang atau pada dasar kotor, maka harus dibersihkan.
Buang air Accu.
Isi dengan air kemudian kocok dan ulangi bersih.
Isilah Accu denga Air Accu Zuur.

















12

0 Response to "SERVIS RINGAN MOTOR EMPAT LANGKAH"

Post a Comment

MELAYANG

KLik ya..