Sistem Suspensi WISHBONE pegas koil, pegas torsi
Kegiatan Belajar
Menjelaskan konstruksi dan cara kerja system suspensi
Memeriksa system/ komponen system suspensi
Kenyamanan
berkendaraan merupakan faktor utama yang harus diperhatikan oleh pengendara
maupun penumpang. Namun demikian, kendaraan akan selalu mengalami getaran atau
goncangan yang disebabkan oleh mesin itu sendiri atau karena kondisi jalan yang
tidak rata. Untuk mengurangi getaran dan goncangan tersebut setiap kendaraan
perlu dilengkapi dengan sistem suspensi.
Pada umumnya system suspensi kendaraan
dapat digolongkan menjadi 2 jenis yaitu suspensi independent dan suspensi rigid
Konstruksi dan kerja jenis ini roda
sebelah kanan dan roda sebelah kiri dipasangkan secara terpisah, sehingga kedua
roda dapat bekerja sendiri bila menerima kejutan dari permukaan jalan
Ada dua macam konstruksi suspensi
independent depan yaitu suspensi wishbone dan suspensi mac pherson :
1). Suspensi wishbone pegas coil
Suspensi jenis ini menggunakan pegas koil yang dipasangkan diantara lengan bawah (lower arm) dan lengan atas (upper arm)
|
Suspensi ini mempunyai
sifat :
a)
Dengan desain yang kompak dari pegas hasil , sangat cocok
digunakan untuk system suspensi roda depan.
b)
Kedua ujung luar lengan atas dan lengan bawah yang
dipasangkan pada knuckle kemudi menggunakan sambungan peluru, sehingga
memungkinkan arm dapat bergerak ke atas dank ke bawah mengikuti gerakan roda.
c) Knuckle kemudi dan spindle yang terpasang
dibagian ujung lengan atas dan bawah dipasang menggunakan sambungan peluru,
sehingga memungkinkan knucklekemudi dapat diarahkan.
Kerjanya bila roda-roda depan menerima
kejutan dari permukaan jalan maka pegas koil menerima gaya dari lower arm
sehingga mengakibatkan pegas mengalami pemendekan dan pemanjangan sesuai dengan
kemampuan pemegasan (konstanta pemegasan)
2). Suspensi wishbone pegas torsi
Suspensi wishbone menggunakan pegas batang
torsi yang dipasangkan diantara lengan bawah (lower arm ) dan kerangka
kendaraan.
|
|||||||||
|
|||||||||
| |||||||||
Suspensi
ini mempunyai sifat :
a). Pegas batang torsi (torsion bar) digunakan
pada kendaraan yang tidak menggunakan pegas koil ataupun pegas atau pegas daun
pada suspensi depan
b) Pegas batang torsi (torsion bar) pada ujung
belakangnya dipasang pada kerangka kendaraan , sedangkan ujung depannya
dipasangkan pada lengan bawah (lower arm) dan kedua tempat pemasangannya dibuat
mati.
c). Pegas batang torsi (torsion bar) bekerja
secara puntiran karena batang torsi dibuat dari baja yang mempunyai elastisitas
tinggi
Kerjanya : bila
roda-roda depan menerima kejutan dari permukaan jalan dan diteruskan ke lower
arm maupun upper arm melalui knuckle kemudi. Gaya yang diterima lower arm
ditahan dengan kemampuan puntiran pegas torsi yang dipasangkan antara lower arm
dengan kerangka (frame). Untuk memperhalus proses pemegasan (puntiran) pegas
torsi maka peredam getaran dipasangkan untuk memperhalus proses pemegasan yang
dipasangkan antara lower arm dengan frame kendaraan
0 Response to "Sistem Suspensi WISHBONE pegas koil, pegas torsi"
Post a Comment