Anggayuh kabegjan Hakiki kanti Syukur, Sabar, dan Istighfar
KHutbah Jumat Basa jawi krama ingil terbaru
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ
وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَتُوْبُ إِلَيْ
هِ ، وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا ؛
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَاهَادِيَ لَهُ ،
وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ
وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ،
وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا،
هِ ، وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا ؛
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَاهَادِيَ لَهُ ،
وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ
وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ،
وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا،
أَمَّا بَعْدُ
Temen Allah Subhanahu wa Ta’ala sampun nyipta sedanten makhluk.
Kanti sifat iman lan kafir. Temen begja ingkang iman,.. banjur temen tuna
ingkang kafir. Allah Ta’ala dawuh,
فَمِنْهُمْ
شَقِيٌّ وَسَعِيدٌ* فَأَمَّا الَّذِينَ شَقُوا فَفِي النَّارِ لَهُمْ فِيهَا
زَفِيرٌ وَشَهِيقٌ* خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتْ السَّمَوَاتُ وَالأَرْضُ إِلاَّ
مَا شَاءَ رَبُّكَ إِنَّ رَبَّكَ فَعَّالٌ لِمَا يُرِيدُ* وَأَمَّا الَّذِينَ
سُعِدُوا فَفِي الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتْ السَّمَوَاتُ وَالأَرْضُ
إِلاَّ مَا شَاءَ رَبُّكَ عَطَاءً غَيْرَ مَجْذُوذٍ
“…mangka ing antarane deweke ana kang cilaka lan ano kang begja.
Gene kang cilaka, mangka (papane) ing neraka,
kang ambegkan kanti ngrintih), langgeng
saklawase langit lan bumi, kajaba
pangeran ngersakake (kang beda). Yekti pangeran iku Maha ngreksa babagan apa kang
pangeran kersakake. Ananging wong-wong kang begja, mangka papane ing suwarga, langgeng
saklawase langit lan bumi, kajaba Pangeran ngersakake (kang beda); dadi
kanugrahan kang ora pedot.” (QS. Hud: 105-108).
Ibadallah,
Sakjatosipun tuna munapa untung wonten sebab andasari. Tuna munapa cilak
disebabkaken kufur marang Allah ‘Azza wa Jalla, maksiat, tuwin nglampahi tumindak ala
tanpa taubat. Ananging untung munapa begja
kanti dasar amal shaleh tuwin takwa marang Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Takwa dados sesae-saene sangu. Tumrap munapa mawon kang takwa..
tumrap munapa mawon ingkang nglampahi
kasaenan.. tumrap munapa kemawon ingkan islam kanti lempeng…
Ibadallah,
wonten tigang tabiat ingkang anggiring tiyang ing dalan kabegjan,
sae ing dunya munapa ing akhirat. Tigang tabiat menika
(1) nalika kaparingan
rizki.. kelapangan. Gampil tansah syukur,
(2) nalika nandang uji,..
bebendu.. susah.. tansah sabar,
(3) nalika tumindak dosa tansah istighfar saha mertaubat.
Mekaten tigang komponen pagesangan
kang kang anggiring tiyang tumuju kabegjan.
Ingkang ateges nalika Allah paring
nikmat, mangka deweke tansah imut syukur babagan nikmat. manfaatkaken kanikmatan
kanti ambantu anaati Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Deweke tansah amuji Allah ing nikmat kasebut. Sae kanti cara dhzahir(ظاهر) munapa bathin (باطن)… imut bilih nikmat wau saking Allah.mboten wonten daya munapa
upaya kajaba kanti ijinipun,.. kersanipun.. taqdiripun Allah Subhana Wa Ta’ala.
Syukur anggadahi tigang tingkatan:
(1) Anyebut tuwin njlentrehkaken bilih kanikmatan wau mboten
plek jalaran deweke kiyambak.. mboten luput kliyan bantuan Allah Subhana Wa Ta’ala.
(2) Nyekseni bilih saking Allah, kanti lahir dan batin.
(3) sehingga amanfaatkaken kanti
taat dumateng Allah.
Mekatren tiyang ingkang amanfaatkaken nikmat ing dipun paringin Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ingkang kosok wangsulanipun ingkang ingkar mboten syukur, mangka Allah paring adzab tumrap deweke. Allah Ta’ala dawuh,
وَإِذْ تَأَذَّنَ
رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي
لَشَدِيدٌ
Lan (Elinga), nalika Pangeran Dawuh; “temen nalika sira syukur, yekti ingsun tambah (nikmat) tumrap
sira, lan menawa sira angingkari (nikmat-ingsun), mangka yekti azab-ingsun perih banget”. (QS. Ibrahim: 7)
Syukur mboten babagan lisan kemawon. Ananging
syukur iku hadir ing lisan kanti ucapan, ing ati ugi perseksen, banjur dipun
tindakkaken kanti badan ugi amalan.
Allah Ta’alaberfirman,
اعْمَلُوا آلَ
دَاوُودَ شُكْراً وَقَلِيلٌ مِنْ عِبَادِي الشَّكُورُ
“he keluarga Daud sira merdi kanti syukur (marang Allah). lan stitik
banget kawula ingsun kang Syukur.” (QS. Saba’: 13).
Ingkang kaping kalih, nalika nandang uji,
sabar.
Allah Jalla wa ‘Ala dawuh,
وَنَبْلُوكُمْ
بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ
“Ingsung bakal nguji sira kanti bebendu lan kasenan kang dadi
pacoban (kang sebener-benere). lan marang ingsun sira pada bali.” (QS.
Al-Anbiya: 35).
Fitnah ingkang dimaksud ing ayatinggin injih menika pacoban.
Allah uji manungsa kasaenan lan bebendu. Sahingga ingkang temen islam.. nalika deweke diuji kasusahan sabar lan nalika diuji kanti
kanikmatan deweke syukur, mekaten ingkang kawastanan tiyang-tiyang ingkang
begjan.
Ananging seeprangan tiyang nalika kaparingan nikmat deweke kufur. Banjur nalika nandang
musibah, deweke ingkar takdir Allah. Mekaten tiyang-tiyang ingkang cilaka lan
binasa. Tiyang ingkang anggayuh derajat ingkang
utama tuwin mboten ugi kaparingan
manfaat saking munapa kang deweke lampahi. Munapa ingkang dipun tindakkaken bakal anggiring ing jurang kanistan.
Sahingga nalika Allah paring nikmat tumrap
kita, mila mugi tansah syukur,… mboten dados tiyang sombong. Mboten anggunakakaen kanikmatan kagem
anindakkaken maksiat..mboten ugi njalarin ing syahwat. Mboten ambangun piranti
ingkang njalur ing karusakan, mboten ugi
nyekuyung ing babagan syirik munapa tumindak kafir dumateng Allah Ta’ala.
Jalaran tiyang-tiyang kafir ngolok-olok seperangan umat Islam.,, ingkang
musibahipun wonten seperangan tiyang muslim nyekuyung ing babagan kufur, fajir,
lan fasik menika, wal ‘iyadzubillah.
Tabiat ingkang nalika diuji sabar,,,, dening Allah Ta’ala sahingga jelas ingkang iman sakjatosipun…
Allah Ta’ala dawuh,
(وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ
بِشَيْءٍ مِنْ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنْ الأَمْوَالِ وَالأَنفُسِ
وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرْ الصَّابِرِينَ* الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ
قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ*)
“temen ingsun bakal paring pacoban tumrap sira, kanti kawatir, luwe, kakurangan banda, jiwa lan woh-wohan.
Lan sira ngabarkaken bebungahan tumrap wong-wong kang sabar. (yaiku) wong-wong kang
menawa nandang musibah, deweke ngucapke : “Inna lillaahi wa innaa ilaihi
raaji´uun”.” (QS. Al-Baqarah: 155-156).
Banjur Allah Ta’ala catet tiyang-tiyang ingkang sabar kanti
dawuhipun :
أُوْلَئِكَ
عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُوْلَئِكَ هُمْ الْمُهْتَدُونَ
“deweke kabeh iku kang kaparingan kasampurnan lan rahmat saka pangerane lan deweke iku kalebu wong-wong kang kaparingan pituduh.” (QS.
Al-Baqarah: 157).
Allah Jalla wa ‘Ala akan memberi musibah kepada para hamba-Nya
sebagai ujian. Dan musibah yang paling besar dan paling berat adalah musibah
yang menimpa para nabi kemudian orang-orang yang lebih rendah derajatnya dari
para nabi. Kita bisa membaca sendiri di dalam Alquran, bagaimana perjalanan
hidup para nabi? Bagaimana musibah yang menimpa mereka? Bagaimana gangguan yang
mereka terima dari orang-orang kafir?
أَمْ حَسِبْتُمْ
أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَثَلُ الَّذِينَ خَلَوْا مِنْ
قَبْلِكُمْ مَسَّتْهُمْ الْبَأْسَاءُ وَالضَّرَّاءُ وَزُلْزِلُوا حَتَّى يَقُولَ
الرَّسُولُ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ مَتَى نَصْرُ اللَّهِ أَلا إِنَّ نَصْرَ
اللَّهِ قَرِيبٌ
“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum
datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu?
Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan
bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman
bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya
pertolongan Allah itu amat dekat.” (QS. Al-Baqarah: 214).
Pertolongan Allah datang bersama kesabaran. Kebahagiaan itu
hadir setelah adanya musibah. Dan kemudahan ada bersama kesulitan. Mereka tidak
berputus asa walaupun musibah yang menimpa mereka semakin berat. Mereka
bersabar atas bala’ dan bencana. Balasan mereka adalah kebaikan.
Ketiga, apabila berdosa, bersitighfar dan bertaubat.
Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda,
كُلُّ ابْنِ
آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ
“Setiap anak Adam melakukan kesalahan. Dan sebaik-baik orang
yang melakukan kesalahan adalah mereka yang bertaubat.”
Seseorang itu berpotensi melakukan kesalahan.
Namun apabila dosa-dosa itu menyebabkannya menjadi orang yang berputus asa dari
rahmat Allah, maka dia akan menjadi orang yang celaka dan binasa. Jika saja
orang yang banyak melakukan dosa bertaubat, maka Allah akan terima taubatnya,
dan akan Allah balas dengan kebaikan. Allah Ta’ala berfirman,
وَسَارِعُوا
إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالأَرْضُ
أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada
surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang
yang bertakwa.” (QS. Ali Imran: 133).
Demikian juga dengan firman-Nya,
وَالَّذِينَ
إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ
فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ اللَّهُ وَلَمْ
يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ* أُوْلَئِكَ جَزَاؤُهُمْ
مَغْفِرَةٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَجَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأَنْهَارُ
خَالِدِينَ فِيهَا وَنِعْمَ أَجْرُ الْعَامِلِينَ
“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji
atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun
terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari
pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka
mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga
yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan
itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.” (QS. Ali Imran: 136-137).
Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda,
وَالتَّائِبُ
مِنَ الذَّنْبِ كَمَنْ لا ذَنْبَ لَهُ
“Orang-orang yang bertaubat dari dosa-dosa, bagaikan orang yang
tidak memiliki dosa.”
Oleh karena itu, janganlah seseorang merasa putus asa dari
rahmat Allah dan ampunan-Nya. Yang harus dilakukan seseorang adalah bersegera
bertaubat kepada-Nya.
قُلْ يَا
عِبَادِي الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ
اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعاً إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ
الرَّحِيمُ* وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ––
“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap
diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah.
Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha
Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah
dirilah kepada-Nya” (QS. Az-Zumar: 53-54).
Barangsiapa yang bertaubat kepada Allah, sebanyak apapun dosa
dan kesalahannya, Allah akan menghapus semua dosa dan kesalahan tersebut. Dia
akan menghapus semua kejelekan yang telah hamba tersebut lakukan.
Membersihkannya dari noda dosa jika taubatnya benar-benar jujur, bukan hanya di
mulut saja.
Oleh karena itu, taubat pun memiliki syarat agar diterima:
Syarat pertama: meninggalkan
perbuatan dosa.
Apabila seseorang beristighfar kepada
Allah, memohon ampunan kepada-Nya, tapi ia tidak berpaling dari perbuatan dosa
tersebut, maka taubatnya hanya sebatas ucapan saja. Dia tidak disebut orang
yang bertaubat kepada Allah ‘Azza wa Jalla.
Orang yang demikian malah dikatakan orang yang bermain-main saja dengan
taubatnya. Meninggalkan perbuatan dosa adalah syarat pertama diterimanya
taubat.
Syarat kedua: bertekad agar
tidak kembali melakukan dosa tersebut selama hidupnya.
Apabila saat bertaubat masih ada
keinginan kembali melakukan dosa tersebut, taubat yang demikian tidaklah
diterima di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Harus ada ketetapan di hatinya saat bertaubat, bahwa ia tidak akan mengulangi
perbuatan dosa serupa. Apabila di hatinya masih tersimpan hasrat melakukan dosa
semisal, maka dosa yang sama yang ia lakukan tidak terhapus.
Syarat ketiga: menyesali
perbuatan tersebut.
Syarat keempat: apabila dosa
tersebut terkait dengan kezaliman sesama manusia dalam hak atau harta mereka,
maka disyaratkan harus mengembalikan harta atau meminta maaf kepada mereka.
Jadi taubat itu bukan hanya di lisan saja.
Syarat kelima: ketika nyawa
belum sampai tenggorokan.
وَلَيْسَتْ
التَّوْبَةُ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السَّيِّئَاتِ حَتَّى إِذَا حَضَرَ أَحَدَهُمْ
الْمَوْتُ قَالَ إِنِّي تُبْتُ الآنَ
Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang
mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di
antara mereka, (barulah) ia mengatakan: “Sesungguhnya saya bertaubat sekarang”.
(QS. Annisa: 8).
Seseorang yang menunda taubat hingga
nyawanya berada di tenggorokan, yang saat itu ia tahu akan berpisan dengan
kehidupan, maka tidak diterima taubatnya. Taubat adalah di saat sehat dan di
saat hidup. Adapun taubat saat seseorang sudah merasa hidupnya akan berakhir,
maka tidak diterima taubatnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ اللَّهَ
يَقْبَلُ تَوْبَةَ الْعَبْدِ مَا لَمْ يُغَرْغِرْ
“Sesungguhnya Allah menerima taubat hamba selama nyawa belum
sampai di tenggorokan.”
Yakni saat ruhnya belum mencapai tenggorokannya.
Jika yang demikian diterima, niscaya manusia hanya akan bertaubat ketika
kematian telah datang kepada mereka. Ada orang-orang yang meremehkan
kemaksiatan mereka sering berucap, urusannya gampang, Allah Maha Pengampun dan
Maha Penyayang. Iya betul, memang Allah Maha Pengampun dan Penyayang, tapi
kepada siapa? Kepada orang-orang yang mau bertaubat. Allah Ta’alaberfirman,
وَإِنِّي
لَغَفَّارٌ لِمَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحاً ثُمَّ اهْتَدَى
“Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat,
beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.” (QS. Thaha: 82).
Inilah orang-orang yang akan diterima
taubatnya dan diampuni oleh Allah. Adapun orang-orang yang mengatakan, “nanti
aku bertaubat” atau orang-orang yang bersadar hanya dengan berharap kepada
Allah karena Allah Maha Pengampun dan Penyayang, ini adalah angan-angan dan
kedustaan semata. Mereka tidak berhak untuk mendapatkan qabul, penerimaan di
sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Ibadallah,
Barangsiapa yang memiliki ketiga sifat yang telah disebutkan di
atas, maka merekalah orang-orang yang berbahagia. Apabila mereka diberi, mereka
bersyukur. Diberi ujian, mereka bersabar. Dan berdosa, mereka segera bertaubat
dan beristighfar. Ketiga hal ini adalah pengantar kebahagiaan hakiki kepada
seseorang.
Kita memohon kepada Allah, agar Dia memeberi taufik kepada kita
mengamalkan ketiga sifat yang agung ini. Semoga Allah menganugerahkan dan
meberi hidayah saya dan Anda untuk bertaubat kepada-Nya. Kemudian
menganugerahkan ampunan kepada kita semua.
Ketiga hal inilah yang mengantarkan
kepada kebahagiaan. Kebahagiaan itu bukan dengan harta dan anak-anak. Bukan
juga dengan kepemimpinan dan kekuasaan. Bahagia juga bukan dengan
memperturutkan syahwat. Kebahagiaan yang hakiki adalah bertakwa kepada AllahSubhanahu wa Ta’ala.
وَفَقَنَا اللهُ
وَإِيَّاكُمْ لِتَقْوَاهُ، وَالْعَمَلِ بِمَا يَرْضَاهُ، إِنَّهُ قَرِيْبٌ
مُجِيْبٌ، أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ
المُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ
الرَّحِيْمُ.
Khutbah Kedua
:
اَلْحَمْدُ
لِلَّهِ عَلَى فَضْلِهِ وَإِحْسَانِهِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ
وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ،
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ، وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا
كَثِيْرًا، أَمَّا بَعْدُ:
أَيُّهَا
النَّاسُ، اِتَّقُوْا اللهَ وَأَطِيْعُوْهُ، وَتُوْبُوْا إِلَيْهِ
وَاسْتَغْفِرُوْهُ،
Ibadallah,
Ada orang-orang yang melakukan dosa-dosa besar, sperti
meninggalkan shalat, tidak membayar zakat, menjadi seorang liberal, dan atheis.
Mereka berkata, “iman itu dengan hati bukan dengan shalat.”. Iman itu bukan
hanya dengan amalan hati. Iman itu dengan hati, lisan, dan anggota badan,
Menurut pemahaman yang benar, pemahaman Ahlussunnah wal jamaah,
iman itu adalah ucapan lisan, keyakinan hati, dan amal anggota badan. Adapun
orang-orang yang meremehkan shalat, tidak membayar zakat, dan ragu-ragu dalam
akidah mereka, mereka adalah seperti orang-orang yang Allah firmankan,
مَا سَلَكَكُمْ
فِي سَقَرَ * قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ * وَلَمْ نَكُ نُطْعِمُ
الْمِسْكِينَ * وَكُنَّا نَخُوضُ مَعَ الْخَائِضِينَ * وَكُنَّا نُكَذِّبُ
بِيَوْمِ الدِّينِ * حَتَّىٰ أَتَانَا الْيَقِينُ * فَمَا تَنْفَعُهُمْ شَفَاعَةُ
الشَّافِعِينَ
“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?” Mereka
menjawab: “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan
kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang
bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan
hari pembalasan, hingga datang kepada kami kematian”. Maka tidak berguna lagi
bagi mereka syafaat dari orang-orang yang memberikan syafaat. (QS.
Al-Mudatstsir: 43-48).
“Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan
shalat”, ini adalah sebuah pelanggaran besar karena ia meninggalkan satu rukun
Islam yang utama. Rukun Islam setelah dua kalimat syahadat.
“dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin” maksudnya
kami dahulu tidak membayar zakat.
“dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan
orang-orang yang membicarakannya”, membicarakan tentang akidah dan
perkara-perkara pokok dalam agama dalam bentuk keraguan dan membuat orang lain
meragukannya. Mereka mengatakan, Islam itu bukan dengan shalat, Islam itu
nilai-nilai demikian dan demikian. Bukan hanya Islam yang mengajak kepada
Allah, mengajak kepada kebenaran, dll.
Oleh karena itu, bagi setiap muslim
hendaknya mereka bertakwa kepada Allah. Menyelamatkan dirinya sebelum kematian
datang. Berdoa kepada Allah untuk kebaikan dunia dan akhiratnya. Senantiasa
memperbaiki diri, kemudian juga berusaha memperbaiki lingkungan sekitarnya.
Mengajak kepada kebaikan dan melarang dari kemungkaran. Dan berdakwah kepada
Allah dengan modal ilmu dan petunjuk. Allah Ta’ala berfirman,
وَالْعَصْرِ*
إِنَّ الإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ* إِلاَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا
الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ
“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat
menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi
kesabaran.” (QS. Al-Ashr: 1-3).
Inilah profil mukmin sejati. Semoga Allah menjadikan saya dan
Anda semua termasuk seorang mukmin yang sejati.
ثم اعملوا عباد
الله، أنَّ خَيْرَ الحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الهُدَى هَدْيُ مُحَمَّدٍ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَشَرَّ الأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلَّ
بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ، وَعَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ، فَإِنَّ يَدَ اللهِ عَلَى
الجَمَاعَةِ، وَمَنْ شَذَّ شَذَّ فِي النَّارِ.
(إِنَّ اللَّهَ
وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا
صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا)، اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى
نَبِيِّناَ مُحَمَّدٍ، وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنْ خُلَفَائِهِ الرَّاشِدِيْنَ،
اَلْأَئِمَّةِ المَهْدِيِّيْنَ، أَبِي بَكْرٍ، وَعُمَرَ، وَعُثْمَانَ، وَعَلِيٍّ،
وَعَنِ الصَّحَابَةِ أَجْمَعِيْنَ وَعَنِ التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى
يَوْمِ الدِّيْنَ.
اَللَّهُمَّ
أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالْمُسْلِمِيْنَ،
اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَدَمِّرْ أَعْدَاءَ
الدِّيْنَ، وَانْصُرْ عِبَادَكَ المُوَحِّدِيْنَ، يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ يَا
سَمِيْعَ الدُّعَاءِ، اَللَّهُمَّ آمِنَّا فِي أَوْطَانِنَا، وَأَصْلِحْ
أَئِمَّتَنَا وَوُلَاةَ أُمُوْرِنَا، وَاجْعَلْ وِلَايَتَنَا فِيْمَنْ خَافَكَ
وَاتَّقَاكَ وَاتَّبَعَ رِضَاكَ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ وَفِّقْ
وَلِيَّ أَمْرِنَا لِمَا تُحِبُّهُ وَتَرْضَاهُ مِنْ سَدِيْدِ الأَقْوَالِ
وَصَالِحِ الأَعْمَالِ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ . (رَبَّنَا ظَلَمْنَا
أَنفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنْ
الْخَاسِرِينَ)، عَلَى اللهِ تَوَكَّلْنَا، (رَبَّنَا لا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً
لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ* وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنْ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ).
عِبَادَ اللهِ،
(إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى
وَيَنْهَى عَنْ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ
تَذَكَّرُونَ)، (وَأَوْفُوا بِعَهْدِ اللَّهِ إِذَا عَاهَدْتُمْ وَلا تَنقُضُوا
الأَيْمَانَ بَعْدَ تَوْكِيدِهَا وَقَدْ جَعَلْتُمْ اللَّهَ عَلَيْكُمْ كَفِيلاً
إِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا تَفْعَلُونَ)، فَذْكُرُوْا اللهَ يَذْكُرْكُمْ،
وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَر، وَاللهُ
يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ.
Diterjemahkan dari khotbah Jumat Syaikh Shaleh al-Fauzan
hafizhahullah
Oleh tim KhotbahJumat.com
Artikel www.KhotbahJumat.com
Artikel www.KhotbahJumat.com
0 Response to "Anggayuh kabegjan Hakiki kanti Syukur, Sabar, dan Istighfar"
Post a Comment