ini

LIHAT INI JUGA YA

COBA DISINI

KLik ya..

MELAYANG





Unsur-Unsur Administrasi Publik Unsur Organisasi Lembaga Pemerintahan

 Makalah Manajemen Administrasi Publik


Administrasi Negara 




UNSUR UMUM ADMINISTRASI PUBLIK

Unsur secara umum administrasi publik merupakan cuplikasi dari konsepsi unsur administrasi. Dalam proses penyelenggaraan administrasi mempunyai unsur-unsur yang merupakan pola perbuatan manusia dalam bidang administrasi tersebut, yakni: manajemen publik, organisasi publik, komunikasi pemeriintahan, informasi pemerintahan, kepegawaian, perbekalan,dan humas pemerintahan.



1.      Manajemen Publik

Manajemen publik sebagai suatu proses penggerakan kegiatan  administrasi,  sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai. Sarjana Oliver Sheldon (1957) mengatakannya sebagai “the process by which the execution of a given purposes is put into operation and supervised” (proses dengan mana pelaksanaan dari suatu tujuan tertentu dijalankan dan diawasi). Manajemen mempunyai fungsi-fungsi yang sebagian sarjana berbeda klasifikasi. Menurut Henry Fayol, yaitu: Perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pemberian komando (comanding), pengkoordinasian (coordinating), pengawasan (controlling). G.R. Terry dengan akronim POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling)



2.      Organisasi Publik

Organisasi publik dalam administrasi berperan sebagai penampung atau naungan dari proses kerjasama antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada. Organisasi adalah alat saling berhubungan satuan-satuan kerja yang memberikan mereka kepada orang orang yang ditempatkan daam sruktur kewenangan

3.      Komunikasi Pemerintahan

secara konsepsional komunikasi pemerintah dapat diartikan suatu proses rangkaian baku penataan proses administrasi yang erlaku, berupa penyampaian warta, berita atau informasi, baik berupa suara lambing ataupun kota warna dari satu orang atau beberapa orang  (pihak pertama) kepada orang (pihak) lain untuk suatu tujuan tertentu.


4.      Informasi Pemerintahan.

Dalam pengetahuan ilmu pengetahuan yang makin canggih kita memasuki era globalisasi.Mulai dari globalisasi komunikasi sampai pada globalisasi kekuasaan, bahkan globalisasi mode sekalipun.

.

5.      Kepegawaian

Selain itu, secara singkat administrasi kepegawaian juga dapat didefenisikan sebagai berikut.

a.       Keseluruhan urusan yang berhubungan dengan sumber daya menusia dalam organisasi.

b.      Segenap proses penggunaan tenaga manusia sejak penerimaan hingga pembrhentiannya.

c.       Segenep aktivitas yang berhubungan dengan masalah pengggunaan tenaga kerja dalam suatu usaha kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

d.      Administrasi kepegawaian adalah administrasi yang berhubungan dengan segala persoalan pegawai

e.       Administrasi kepegawaian adalah aktifitas-aktifitas mengikuti perkembangan-perkembangan organisasi dan menyesuaikan tenaga kerja organisasi itu kepadanya. Secara seimbang.



B. TUJUAN

Tujuan ialah nilai-nilai atau kebutuhan manusia, baik jasmaniah maupun rohaniah yang diperjuangkan dengan perbuatan-perbuatan yang nyata oleh orang agar dapat dipenuhi. Dalam perusahaan yang menentukan tujuan adalah yang punya perusahaan, dalam bidang kenegaraan sesuai asas negara itu, kalau berasaskan monarki absolut, yang menentukan tujuan adalah raja. Kalau berasaskan kedaulatan rakyat, yang menentukan tujuan negara adalah rakyat melalui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atau Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) – Indonesia. Tetapi di dalam prakteknya melalui suatu pendelegasian kekuasaan kepada Administrator perusahaan, atau Administrator Negara (Perdana Menteri atau Presiden). Jadi yang menentukan tujuan dalam administrasi adalah Administrator. Tujuan tidak hanya menjadi milik administrator. Orang yang harus mempunyai gambaran yang jelas dan memahami tujuan organisasi bukan hanya administrator saja, melainkan seluruh anggota organisasi yang ada, bahkan pihak luar pun harus mengetahuinya. Oleh karena itu, administrator dalam menentukan tujuan perlu melibatkan para pembantunya dan harus memperkenalkan setiap orang agar mempunyai pemahaman yang sama dan pandangan yang jelas tentang tujuan organisasi yang ia pimpinnya.

 

C. TUGAS DAN PELAKSANAANNYA

Berbicara mengenai tugas yang hendak dilaksanakan, orang beranggapan bahwa proses administrasi baru timbul apabila ada kerjasama. Tidak demikian halnya. Dengan perkataan lain, kerjasama bukan merupakan unsur administrasi. Meskipun demikian perlu ditekankan bahwa pencapaian tujuan akan lebih efisien dan ekonomis apabila semua orang yang terlibat mau bekerjasama satu sama lain. Akan tetapi kerjasama pun, misalnya dalam hal dipaksakan proses administrasi dapat terjadi, karena dengan paksaan proses administrasi dapat timbul.

 D. PERALATAN DAN PERLENGKAPAN

Ada ungkapan dari Thomas Carlile yang mengatakan manusia dapat berbuat karena alat, tanpa alat ia tidak bisa berbuat apa, dengan alat maka ia dapat berbuat segala apa. Ungkapan ini menunjukkan pentingnya peralatan bagi manusia termasuk dalam proses administrasi. Peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dalam suatu proses administrasi tergantung dari berbagai faktor, seperti: 1) jumlah orang yang terlibat dalam proses itu, 2) sifat tujuan yang hendak dicapi, 3) ruang lingkup serta aneka ragamnya tugas yang hendak dijalankan, dan 4) sifat kerjasama yang dapat diciptakan dan dikembangkan. Barangkali secara “aksiomatis” dapat dikatakan bahwa semakin sedikit jumlah orang yang terlibat, semakin sederhana tujuan yang hendak dicapai serta semakin sederhana tugas-tugas yang hendak dilaksanakan, semakin sederhana pula peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan.

 

0 Response to "Unsur-Unsur Administrasi Publik Unsur Organisasi Lembaga Pemerintahan"

Post a Comment

MELAYANG

KLik ya..