Penjelasan artikel tentang TRANSMISI (PERSNELING) kopling singkat rangkuman jelas
Modul Sekolah Sistem transmisi mobil motor
transmisi atau persneling berfungsi mengatur besar-kecilnya
tenaga mesin sesuai dengan kondisi perjalanan kendaraan; Misalnya,
kendaraan memerlukan tenaga yang besar (memerlukan momen roda
yang besar) ketika kendaraan mulai berjalan atau ketika mendaki
tanjakan.
Dilihat dari mekanisme penggeraknya, ada dua tipe
kopling yaitu kopling mekanis (penggeraknya menggunakan kabel),
dan kopling hidrolis (penggeraknya menggunakan minyak/fluida)
2) mesin di depan sistem penggerak roda depan,
3) mesin di depan sistem penggerak keempat rodanya,
4) mesin di belakang sistem penggerak roda belakang. Mesin di tengah sistem penggerak roda belakang,
minta komentar saran dan kenalan ya,. tinggalkan komentar untuk kami
Sistem Transmisi Perneling |
penjelasan makalah transmisi atau persneling adalah lengkap secara detail poros pemindah gigi
transmisi atau persneling berfungsi mengatur besar-kecilnya
tenaga mesin sesuai dengan kondisi perjalanan kendaraan; Misalnya,
kendaraan memerlukan tenaga yang besar (memerlukan momen roda
yang besar) ketika kendaraan mulai berjalan atau ketika mendaki
tanjakan.
Sebaliknya momen besar tidak diperlukan pada saat roda
membutuhkan putaran yang cepat atau pada saat kendaraan berkecepatan tinggi. Kemudian pada waktu kendaraan mundur, transmisi
mengubah arah putaran mesin sebelum dipindahkan ke roda·roda,
dengan cara menukar kombinasi gigi (perbandingan gigi) pada transmisi, keperluan mengubah-ubah tenaga dorong atau kecepatan kendaraan dapat dilaksanakan dengan mudah.
membutuhkan putaran yang cepat atau pada saat kendaraan berkecepatan tinggi. Kemudian pada waktu kendaraan mundur, transmisi
mengubah arah putaran mesin sebelum dipindahkan ke roda·roda,
dengan cara menukar kombinasi gigi (perbandingan gigi) pada transmisi, keperluan mengubah-ubah tenaga dorong atau kecepatan kendaraan dapat dilaksanakan dengan mudah.
2. Mekenisme pemindah gigi
Ada dua tipe mekanisme pemindah gigi yang digunakan pada
mobil, yajtu pemindah gigi tidak langsung dan pindah gigi langsung.
Ada dua tipe mekanisme pemindah gigi yang digunakan pada
mobil, yajtu pemindah gigi tidak langsung dan pindah gigi langsung.
pada pemindah gigi tidak langsung, tuas pemindah umumnya ditempatkan di
bawah roda kemudi (terpisah dari transmisi) dan dihubungkan dengan garpu
pengatur (shift fork) yang terdapat di dalam transmisi. Garpu pengatur terdiri
atas batang-batang dan tuas-tuas penghubung
Pada pemindah gigi langsung tuas pemindah terletak
langsung
pada transmisi. Mekanisme pemindah gigi langsung ini umumnya
digunakan pada kendaraan dengan mesin di depan dan penggerak roda
belakang..
pada transmisi. Mekanisme pemindah gigi langsung ini umumnya
digunakan pada kendaraan dengan mesin di depan dan penggerak roda
belakang..
Transmisi otomatis
Transmisi otamatis merupakan perpaduan kopling dengan transmisi yang dapat melakukan pemindahan gigi secara otomatis. Fungsi kopling pada transmisi ini dilakukan oleh torque conventer Torque converter juga berfungsi memperbesar momen mesin.
Transmisi otamatis merupakan perpaduan kopling dengan transmisi yang dapat melakukan pemindahan gigi secara otomatis. Fungsi kopling pada transmisi ini dilakukan oleh torque conventer Torque converter juga berfungsi memperbesar momen mesin.
Kopling
Kopling (clutch) berfungsi menghubungkan dan melepaskan tenaga (putaran) dari mesin ke bagian pemindah tenaga berikutnya. pada saat gerak awal kendaraan, kopling dapat mémindahkan tenaga secara perlahan-lahan dari mesin ke roda-roda, sehingga jalannya kendaraan menjadi lembut, demikian juga setiap kali pemindahan gigi transmisi.
Kopling terletak di antara mesin dan transmisi,
Kopling (clutch) berfungsi menghubungkan dan melepaskan tenaga (putaran) dari mesin ke bagian pemindah tenaga berikutnya. pada saat gerak awal kendaraan, kopling dapat mémindahkan tenaga secara perlahan-lahan dari mesin ke roda-roda, sehingga jalannya kendaraan menjadi lembut, demikian juga setiap kali pemindahan gigi transmisi.
Kopling terletak di antara mesin dan transmisi,
Dilihat dari jenis pegas penekan yang digunakan,
kopling dibagi menjadi dua tipe,
yaitu
tipe kopling dengan pegas koil
kopling dengan pegas diafragma atau matahari
dan kopling hidrolis (penggeraknya menggunakan minyak/fluida)
Pemindah daya
pemindah daya (power train) adalah suatu mekanisme
yang memindahkan tenaga dari mesin ke roda-roda. Berdasarkan penempatan
mesinnya, sistem pemindah tenaga dapat dibedakan menjadi empat macam
1) mesin di depan sistem penggerak roda belakang,
1) mesin di depan sistem penggerak roda belakang,
2) mesin di depan sistem penggerak roda depan,
3) mesin di depan sistem penggerak keempat rodanya,
4) mesin di belakang sistem penggerak roda belakang. Mesin di tengah sistem penggerak roda belakang,
0 Response to "Penjelasan artikel tentang TRANSMISI (PERSNELING) kopling singkat rangkuman jelas"
Post a Comment