ini

LIHAT INI JUGA YA

COBA DISINI

KLik ya..

MELAYANG





MAKALAH PENGANTAR KOMPUTER

BAB I PENDAHULUAN 

Makalah Pengantar Komputer



 A. Latar Belakang Organisasi Komputer membahas bagaimana semua fungsi-fungsi komputer tersebut dapat diimplementasikan. Jadi, organisasi komputer membahas hal-hal yang berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang mereliasasikan spesifikasi arsitektural. Dengan kata lain, organisasi komputer membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan struktur komputer. Sebagai contoh apakah suatu komputer yang memmiliki instruksiperkalian merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah persoalan organisasional Dimana instruksi itu akan diimplementasikan dengan unit pengali khusus atau dengan dengan suatu mekanisme yang menggunakan pengulangan dari penambahan unit system merupakan hal organisasional. Kepustusan organisasional mungkin didasarkan pada frekuensi antisipasi dari penggunaan intruksi perkalian, kecepatan relative dari dua buah pendekatan dan harga, serta ukuran fisik dari unit perkalian khusus. 

 B. Rumusan Masalah 1. Apakah yang dimaksud dengan organisasi komputer? 2. Bagaimana struktur komputer serta berbagai komponen diantaranya? 3. Bagaimana fungsi dari suatu perangkat yang ada di komputer? 4. Bagaimana evolusi yang terjadi pada komputer hingga sekarang? 5. Bagaimana kinerja suatu komputer? 

 C. Metode Penulisan Metode yang digunakan penulis dalam merampungkan makalah ini adalah metode pustaka. 

 D. Tujuan Penulisan 1. Tujuan Umum Tujuan umum dari penyusunan makalah ini adalah sebagai gambaran mengenai organisasi computer, serta evolusi yang telah terjadi hingga masa kini. 2. Tujuan Khusus Adapun tujuan khusus dari penyusunan makalah ini yaitu sebagai suatu persyaratan untuk lulus dalam mata kuliah 






PENGANTAR KOMPUTER. BAB II PEMBAHASAN 

 A. Pengertian Komputer Komputer berasal dari bahasa Latin yaitu computare yang artinya menghitung. Dalam Basaha Inggris disebut“to compute”. Komputer  merupakan sebuah mesing hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah. Agar dapat digunakan untuk memproses data diperlukan dua perangkat yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, yaitu : 1. Perangkat keras komputer (hardware), dan 2. Perangkat lunak komputer (software). 

 B. Pengertian Organisasi Komputer Adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. 

 C. Komponen-komponen Komputer 1. Memory a. Memory Induk 1) Ram Memori akses acak (Random access memory) berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara dalam komputer sebelum data diproses di processor.mempunyai 16 Mb Jumlah Karakter 16 X 1024 x 1024 =16.777.216 byte 2) Rom 

Memori hanya baca (Read-only Memory) adalah istilah untuk media penyimpanan data pada komputer. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.contoh ROM adalah ROM BIOS yang berisi program dasar system komputer yang mengatur / menyiapkan semua peralatan / komponen yang ada dalam komputer saat komputer dihidupkan. Jenis-jenis ROM : • Mask ROM • PROM • EPROM • EEPROM • Flash Memory • CD-ROM 3) Cacche memory cacche berfungsi untuk mempercepat akses data pada komputer karena cache menyimpan data atau informasi yang telah di akses oleh suatu buffer, sehingga meringankan kerja processor. Fungsi cache memory yaitu: • Mempercepat akses data pada komputer. • Meringankan kerja processor. • Menjembatani perbedaan kecepatan antara cpu dan memory utama • Mempercepat kinerja memory 



 b. Sekunder Memori Sekunder (Secondary storage) atau yang biasa juga disebut external storage, adalah storage yang terpisah atau tidak berhubungan langsung dengan Central Processing Unit (CPU). Memori sekunder digunakan untuk menyimpan atau menampung data yang lebih besar dan permanen, bisa juga dikatakan sebagai back-up dari memori utama. Jenis – jenis memori sekunder : 1) Pita Magnetig (Magnetic tape) merupakan salah satu jenis memori sekunder yang digunakan untuk penyimpanan offline yang besar. berfungsi sebagai media transfer data yang paling sederhana antara mesin-mesin yang tidak mempunyai sambungan komunikasi secara langsung. terbagi menjadi 7 atau 9 track searah dengan panjang pita tersebut. Kerapatan rekaman (recording density) umumnya diekspresikan dalam byte per inchi (bpi), umumnya 800,1600 dan 6250bpi. 2) Hard Disc Hard disk merupakan media penyimpanan yang paling handal. Keunggulannya pada kecepatan dan kapasitasnya yang besar. Dengan bahan logam yang kuat, maka hard disk dapat diputar lebih cepat. Hard disk tersedia dalam dua ukuran, yaitu 3⅟2 inch dan 5⅟4 inch. Ukuran inilah yang paling banyak dipasang paling tidak dua piringan. 3) Flopy Disc Floppy disc (disket) terbuat dari cakram tipis, fleksibel yang dilapisi bahan bersifat magnetik dan terbungkus oleh plastik. Kebanyakan floppy disk hanya mampu menampung data sekitar 1 - 2MB saja, tetapi sekarang floppy disk dapat menyimpan data hingga 1 GB. 4) Flash Disc Adalah alat penyimpanan data memory kilat yang memiliki alat penghubung USB yang telah terintegrasi. Untuk kapasitas penyimpanan, flash disk memiliki ukuran yang beragam. Mulai dari 512 MB, 1 GB, 2GB, 4GB, 8 GB, dan 32 GB dengan kecepatan simpan menengah 4000kb/s,beratnya kurang lebih 9 gram yang dibuat dengan bahan IC dan plastik. 5) Compatible Disc Adalah sebuah media penyimpanan yang berbentuk piringan, dibuat dari plastik karbonat setebal 1,2 mm dengan berat 15-20 gram. yang mempunyai kapasitas sebesar 553MB – 8GB. Tipe compact disk : CDR, CDRW, DVDR, DVDRW. 2. Proccecor Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. 





 SEJARAH PROCESSOR 

a. Microprocessor 4004 (1971) Processor di awali pada tahun 1971 dimana intel mengeluarkan processor pertamanya yang di pakai pada mesin penghitung buscom. 

b. Microprocessor 8008 (1972) microprocessor 8008 yang berkecepatan hitung 2 kali lipat dari MP sebelumnya. c. Microprocessor 8080 (1974) Pada seri ini intel melakukan perubahan dari mp multivoltage menjadi triple voltage, teknologi yang di pakai NMOS, Mp ini adalah otak pertama bagi komputer yang bernama altair.Pada saat ini pengalamatan memory sudah sampai 64 kilobyte. Kecepatanya sampai 10X mp sebelumnya.




 GENERASI PROCESSOR


 a. GENERASI 1 (Processor 8088 dan 8086) Processor 8086 (1978) merupakan CPU 16 bit pertama Intel yang menggunakan bus sistem 16 bit. Tetapi perangkat keras 16 bit seperti motherboard saat itu terlalu mahal, dimana komputer mikro 8 bit merupakan standart. 


 b. GENERASI 2 (Processor 80286) 80286 (1982) juga merupakan prosessor 16 bit. Prosessor ini mempunyai kemajuan yang relatif besar dibanding chip-chip generasi pertama. Frekuensi clock ditingkatkan, tetapi perbaikan yang utama ialah optimasi penanganan perintah. 


 c. GENERASI 3 (Processor 80386 DX) Diluncurkan 17 Oktober 1985. 80386 merupakan CPU 32 bit pertama. Dari titik pandang PC DOS tradisional, bukan sebuah revolusi. 286 yang bagus bekerja secepat 386SX pertama-walaupun menerapkan mode 32 bit. Prosessor ini dapat mengalamati memori hingga 4 GB . 


d. GENERASI 4 (Processor 80486 DX) dikeluarkan 10 April 1989 dan bekerja dua kali lebih cepat dari pendahulunya. Hal ini dapat terjadi karena penanganan perintah x86 yang lebih cepat, pada mode RISC. 486DX merupakan chip 32 bit,Sesuatu yang baru dalam 486 ialah menjadikan satu math coprocessor/prosesor pembantu matematis. 


e. GENERASI 5 (Pentium Classic (P54C) dikeluarkan 10 April 1989 dan bekerja dua kali lebih cepat dari pendahulunya. Hal ini dapat terjadi karena penanganan perintah x86 yang lebih cepat, pada mode RISC. 486DX merupakan chip 32 bit,Sesuatu yang baru dalam 486 ialah menjadikan satu math coprocessor/prosesor pembantu matematis. 



f. GENERASI 6 (Pentium Pro Pengembangan) Pentium Pro dimulai 1991, di Oregon. Diperkenalkan pada 1 November1995 . Pentium Pro merupakan prosessor RISC murni, dioptimasi untuk pemrosesan 32 bit pada Windows NT atau OS/2. Fitur yang baru ialah bahwa. Cache L2 yang menjadi satu Chip raksasa, dengan chip empat persegipanjang dan Socket-8nya. Unit CPU dan cache L2 merupakan unit yang terpisah di dalam chip ini. g. GENERASI 7 (AMD K-7 Athlon) Processor AMD utama yang sangat menggemparkan Athlon (K7) diperkenalkan Agustus 1999. Jenis bus sistem yang benar-benar baru, yang pada versi pertama akan bekerja pada 200 MHz. 


Dapat menangani dan menyusun kembali hingga 72 perintah (diluar ROP) secara serentak h. Generasi ke (8 Intel Core 2 duo) Processor generasi ke 8 adalah Core 2 Duo yang di luncurkan pada juli 2007. Processor ini memakai microprocessor dengan arsitektur x86. Arsitektur tersebut oleh Intel dinamakan dengan Intel Core Microarchitecture, di mana arsitektur tersebut menggantikan arsitektur lama dari Intel yang disebut dengan NetBurst sejak tahun 2000 yang lalu. Penggunaan Core 2 ini juga menandai era processor Intel yang baru, di mana brand Intel Pentium yang sudah digunakan sejak tahun 1993 diganti menjadi Intel Core. Perbedaan Processor antar Generasi: ü Perbedaan Clock Speed. ü Perbedaan Besar Canche Size. ü Banyaknya Core dalam suatu processor. 



ü Processor Baru ( Generasi Ke 8 ) lebih sedikit mengkonsumsi Daya Listrik. ü Perbedaan pada banyaknya Bus system dan Bus Address Bagian terpenting processor: ü Aritcmatics Logical Unit (ALU) Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program. ü Control Unit (CU) Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output. ü Memory Unit (MU) Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi. 3. Input dan output 1) Input Adalah semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer untuk selanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor. 2) Output Peralatan output adalah peralatan yang digunakan untuk membawa data keluar komputer atau juga untuk memindahkan data dari komputer ke perangkat lainnya. Berdasarkan bentuk outputnya, unit output terdiri dari: a. Hardcopy device alat yang digunakan untuk mencetak output ( misal: tulisan, angka, karakter dan simbol-simbol ) serta image ( grafik dan gambar ) pada media hard ( keras ) seperti kertas dan film. Contoh : Printer. b. Softcopy device alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan ( kata, angka, karakter dan simbol-simbol ) serta image ( grafik dan gambar ) ke dalam sinyal elektronik. Contoh : Monitor, Alpha Numerik Display, Projector dan Speaker. c. Drive device berupa alat yang digunakan untuk merekam atau menyimpan hasil output dapat bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin, dan juga berfungsi sebagai alat output maupun alat input. Contoh : Flashdisk, Harddisk, Disket dan CD Mekanisme kerja sistem BAB III PENUTUP I. Kesimpulan Komputer PC terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian input, proses, dan output. Setiap bagian terdiri dari beberapa komponen yang saling mendukung. Setiap komponen pada PC mempunyai spesifikasi tertentu dan kegunaan/fungsi khusus. Evolusi computer telah ditandai dengan peningkatan kecepatan prossesor, pengurangan  ukuran komponen, peningkatan kapasitas memori, dan peningkatan kapasitas dan kecepatan I/O. 




 Satu faktor yang berpengaruh besar dalam dalam peningkatan kecepatan prossesor adalah dengan peyusutan ukuran komponen prossesor mikro, hal ini mengurangi jarak antara komponen dan karenanya dapat meningkatkan kecepatan. Bagaimanapun, keuntungan sebenarnya dalam kecepatan terakhir ini telah datang di organisasi prossesor termasuk penggunaan yang berat dalam pipelining dan teknik eksekusi pararel dan penggunaan teknik eksekusi yang bersifat spekulasi  yang mengakibatkan  eksekusi berikutnya bersifat sementara  yang mungkin diperlukan. Selanjutnya didalam suatu permasalahan  kritis dalam merancang system computer adalah menjaga keseimbangan kinerja dar berbagai unsur-unsur,sehingga menghasilkan kinerja  dalam datu bidang tidaklah mempengaruhi suatu bidang yang lain. Kinerja  sebuah  sistem  komputer  merupakan  hasil  proses  dari  seluruh  komponen komputer,  yang melibatkan CPU, memori  utama, memori  sekunder,  bus,  peripheral. Dari  segi perkembangan program aplikasipun sangat menakjubkan. II. Saran Didalam penulisan makalah tentang komputer ada baiknya menggunakan rujukan yang paling baru, karena sifat teknologi setiap harinya bahkan setiap detiknya mengalami perubahan. Dengan bahan rujukan  yang terbaru diharapkan informasi-informasi yang didapat juga informasi yang terbarukan. 




 DAFTAR PUSTAKA Kadir Abdul dan Terra Ch.Triwahyuni, Pengenalan Teknologi Informasi, Andi Riyanto Yogyakarta : 2005. Modul Kuliah Pengantar Komputer Semester II, Dosen Pengampuh: Try Wahyudi, S.Si, Yogyakarta : 2015. Sumber Lainnya: GOOGLE.COM.

0 Response to "MAKALAH PENGANTAR KOMPUTER"

Post a Comment

MELAYANG

KLik ya..