ini

LIHAT INI JUGA YA

COBA DISINI

KLik ya..

MELAYANG





Penjelasan Sensor Pada Mesin Injeksi Honda PGM-FI

  

Penjelasan Sensor Pada Mesin Injeksi Honda PGM-FI



 

 – penjelasan uraian  Susunan komponen sistem injeksi yang terdapat pada mesin motor Honda secara lengkap komplit sebagai berikut

Malfunction Indicator Lamp (MIL)

 MIL ialah lampu indikator yang terdapat pada spedometer, biasanya warna lampu indikator tersebut berwarna kuning, yang berfungsi untuk penanda pada pemakaian sepeda motor honda, tentang kerusakan pada sistem injeksi. Jika pada sistem injeksi yang salah satu sensornya tidak berfungsi atau mengalami kerusakan maka lampu MIL tersebut akanmemberikan tanda kedipan. dan jika lampu tersebut tidak berkedip sistem injeksi tersebut masih di katakan normal. Indikator ini berkedip jika salah satu atau sebagian  komponen injeksi yangmengalami kerusakan lampu indikator Malfunction Indicator Lamp harus berkedip. 


 

kerusakan fuel pump yang seperti tekanan bahan bakar yang meleleh, lampu indicator tersebut tidak akan berkedip dan tidak terdeteksi oleh MIL. Jika dalam ECM masih menyimpan kode kerusakan di masa lalu, Nah untuk mengetahui pasti maka harus menggunakan alat/tool yakni bernama SCS conector atau biasanya para mekanik menyebutnya dengan jumper.2.

 

Fuel pump atau Pompa Bahan Bakar

 Pompa bahan bakar atau yang di sebut dengan Fuel Pump yaitu berfungsi untuk memompa bahan bakar yang akan di teruskan ke injector melalui selang, karena bahan bakar di pompa,maka mempunyai tekanan. Tekanan pada fuel pump ini juga sangat berpengaruh di mesinyang bersistem PGM-FI. Kekuatan tekanan bahan bakar harus berukuran 294kPa/12volt = 43 psi = 2,94 bar pada idle langsam. Untuk tekanan yang berlebihan akan menyebabkankerusakan pada komponen lain dan jika tekanan bahan bakar tersebut kurang dari standarmaka akan menyebabkan kinerja mesin akan melemah bahkan bisa mengakibatkan mesinmati/mogok.3.

 

Engine Control Module (ECM)

 ECM ini bisa di sebut juga dengan prosesor semua program PGM-FI. Sistem PGM-FI di sini berfungsi untuk mengatur waktu pengapian. Yakni pengatur waktu kapan injector akan menyemprot bahan bakar, mengatur campuran udara dan bahan bakar yang ideal sesuai temperature mesin.... bahkan hingga hasil sisa pembakaran komponen tersebut selalu mendapatkan laporan dari sensor sensor yang lainnya untuk memberikan yang terbaik untuk mesin. Jika system ECM ini rusak maka motor akan mengalami mati total alias mogok.4.

 



Sensor CKP

 – 

 Carnksaft Position

 Sensor CKP ini berfungsi untuk medeteksi posisi poros engkol, yakni untuk mengirim sinyal sensor k ECM dan kemudian ECM menentukan waktu pengapian dan kapan waktunya bahan bakar di injeksikan melalui komponen injector. Jika sensor Sensor CKP mengalami kerusakan maka ECM tidak mendapat sinyal dari Sensor CKP yang hasilnya ECM tidak mau berfungsi dan akibatnya engine akan mati.5.

 

Injektor

 Injektor yakni berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bahan bakar,dengan mengganti partikel bahan bakar menjadi kabut. Bahkan pada injector di system PGM-FI ini bisa membuat partikel bahan bakar terhalus sedunia. Karena hal tersebut mempunyai lubang berukuran diameter 0.152 milimeter pada motor supra x 125cc.6.

 

Trhotle Body

 Pada Trhotle Body di dalamnya terdapat tiga sensor yakni sensor Sensor IAT, Sensor MAP,Sensor MAP.

 

Sensor MAP berfungsi untuk pendeteksi tekanan udara yang akan masuk melaluiintake manifold, jika sensor tersebut rusak mesin masih bisa bekerja dengan baik/normal.

 

 

Sensor TP berfungsi untuk pendeteksi sudat pembukaan trhotle ketika kabel gas kita putar, kemudian mengirimkan sinyal pada ECM, seberapa banya bahan bakar yangharus di injeksikan. Jika sensor ini mengalami kerusakan maka mesin akan tidaknormal dan melemah.

 

Sensor IAT berfungsi untuk medeteksi suhu udara yang masuk melalui intakemanifold, jika sensor tersebut mengalami kerusakan engine masih bisa bekerja dengannormal.7.

 

Sensor Engine Oil Temperatur (EOT) dan Sensor Engine coolant Temperatur

 Kedua sensor tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk medeteksi suhu mesin, namunsensor ECT ini di pasang pada mesin berpendingin radiator dan EOT pada mesin berpendingin udara seperti motor supra x 125 pgm-fi helem in.8.

 

Sensor O2

 Sensor ini berfungsi untuk medeteksi kadar O2 tepatnya di gas buang sisa pembakaran,sensor tersebut juga akan selalu mengoreksi dan melaporkan ke pada ECM untuk selalumembuat campuran bahan bakar dan udara selalu ideal dalam setiap proses pembakarannya.9.

 

Sensor Idle Air Control Valve (IACV)

 Sensor ini berfungsi seperti choke otomatis, dan memudahkan penyalaan mesin pada waktu pertama dinyalakan.10.

 

Sensor Bank Engale

 Sensor Bank Engale ialah sensor untuk kemiringan 60 drajat. Dengan adanya senseor tersebut mesin akan mati jika mengalami kemiringan hingga 60 drajat, sensor ini berfungsi ketika motor terjatuh, biasanya sensor ini berada pada motor

 – 


0 Response to "Penjelasan Sensor Pada Mesin Injeksi Honda PGM-FI"

Post a Comment

MELAYANG

KLik ya..