ini

LIHAT INI JUGA YA

COBA DISINI

KLik ya..

MELAYANG





Perbedaan RAM DDR4 dan DDR5

   Perbedaan RAM, DDR1, DDR2, DDR3, DDR4 dan DDR5

 secara spesifika banyak perbedaan generasi yang terus diperbarui hingga saat ini, pada artikel saat ini saya batasi fokus pada DDR4  dan DDR5


 Perbedaan Ddr4 Dan Ddr5

Tidak henti-hentinya kita disuguhi oleh perkembangan yang sangat pesat pada dunia teknologi, terutama komputer, khususnya RAM. Komputer yang dulu menggunakan RAM DDR, DDR2, DDR3, hingga pada akhirnya kita sampai pada era di mana kita menggunakan DDR4.


Memory RAM DDR5 resmi diperkenalkan pada tahun 2021, meski spesifikasinya telah dibuat pada tahun 2019 lalu. Setelah melakukan research and development lebih dari satu tahun, kini para produsen memutuskan untuk merilis produk andalan mereka tahun ini.



Pada tahun 2021 ini, kita akan diperkenalkan dengan RAM DDR5, namun apakah kalian tahu apa perbedaan RAM DDR4 dan DDR5? Nah, buat yang masih penasaran, yuk check it brott!

beberap perbedaan generasi RAM meliputi : 

1. Frekuensi

2. Voltase

3. Penampilan

4. Kapasitas Maksimum

5. Beda Struktur

6. Power Management Melalui RAM

7. ECC Tersendiri





1. Frekuensi

 frekuensi merupakan hal utama perbedaan Kecepatan setiap generasi ram. seperti halnya RAM Ddr4 Dan Ddr5 mengoptimalkan generasi sebelumnya seperti frekuensi awal  DDR3 adalah 1066MHz, meningkat frekuensi awal dari DDR4 adalah 2133MHz. Peningkatan  frekuensi  dua kali lipat tersebut dapat diamati pada RAM generasi lama sekalipun. frekuensi awal pada RAM DDR5 batch pertama adalah 4800MHz, dan bukan 4266MHz. Peningkatan performa  sebesar 2.25x lipat ini menunjukkan adanya peningkatan yang sangat bagus untuk menambah kualitas pada RAM ke depannya.


2. Voltase

 menghemat penggunaan energi, Voltase Memory berkembang seiring dengan perkembangan RAM, voltase energi yang dibutuhkan semakin menurun. Intinya, RAM yang dulu memakan banyak daya, kini semakin hemat energi berkat teknologi terbaru & dikembangkan. sebagai pijakan awal voltase mode normal  DDR3 membutuhkan 1.5V, DDR4 1.2V, dan DDR5 hanya membutuhkan 1.1V. Hal ini tentu terlepas dari voltase yang dibutuhkan ketika pengguna melakukan overclocking, karena voltase yang dibutuhkan  akan bervariasi.


3. Penampilan Ddr4 Vs Ddr5 Pin

Letak Tampilan PIN Ram membuat DDR4 dan DDR5 menjadi unsur utama. Gambar berikut menunjukkan perbedaan mendasar dalam tata letak PCB,juga pin bergeser sekian mili.


Fakta menarik di sini adalah, transisi dari DDR1 DDR2 DDR3 ke DDR4 pelan-pelan ada sedikit perubahan semakin ke arah tengah. Hal tersebut seakan ditonjolkan pada tampilan RAM DDR5, di mana posisinya semakin lebih dekat ke tengah. Sehingga patokan posisi pin sebagai  perhatian utama pada saat memasang RAM dan memastikan terpasang ke arah yang benar.


4. Kapasitas Maksimum

Kapasitas Ram

Kapasitas maksimum pada satu keping RAM pada DDR4 dibatasi hanya sebesar 32GB. Selain itu, kapasitas memory maksimal untuk platform DDR4 hanya dibatasi sebesar 128GB. RAM DDR5 meregenerasi limitasi tersebut, dan menawarkan kapasitas maksimum sebesar 128GB hanya untuk satu keping RAM. Selain itu, kapasitas memory maksimal  menjadi 512GB. kapasitas maksimal dari DDR5 juga sangat sesuai dengan standar sebelumnya dimana setiap generasi RAM menawarkan batas kapasitas 4 kali lipat dari generasi sebelumnya.


5. Beda Struktur

 RAM DDR5 menggunakan struktur 32 Bank, dengan total 8 Group Bank. Jumlah ini menawarkan ketersediaan akses sebanyak dua kali lipat lebih banyak dibandingkan struktur dari DDR4 yang hanya tawarkan 16 Bank, dan 4 Group Bank. penjelasan ringkasnya RAM DDR5 dapat mengakses data per IC sebanyak dua kali lebih banyak dibandingkan DDR4.


6. Power Management Melalui RAM

Ddr5 Power Management Ic

DDR5 telah dibekali power management yang diatur langsung RAM, bukan motherboard. Pindahnya power management terjadi pada RAM  dikarenakan voltase yang dibutuhkan adalah 1.1V, sehingga toleransi sinyal menjadi sangat kecil. Power management ini menjadi solusi yang sangat baik, sehingga dapat mengontrol kekuatan RAM secara langsung begitu juga meningkatkan efisiensi signal integrity dan kemampuan noise identification secara keseluruhan.


7. ECC Tersendiri

Error-Correcting Code (ECC) tertanam dalam DDR5 yaitu teknologi yang melakukan koreksi error yang biasa digunakan pada komputer server.  Fitur ECC pada memory DDR5 membuat memory lebih stabil,  mampu meminimalisir error komputer. DDR5 menggunakan fitur ini juga menambahkan fungsi debugging ECC.  ECC menjadi sebuah perbedaan utama antara DDR4 dan DDR5 secara umum. rancangan utama menawarkan bahwa ECC sudah ditanamkan pada semua modul memory DDR 5.


8. Operating Temperature

Thermal Gradient Suhu Ram

Ketika proses berjalan komponen IC adalah pelaku utama panasnya memory, sehingga membutuhkan heatsink yang optimal. Daya panas pada DDR5 akan lebih banyak karena pada DDR5 ditambahkan PMIC, sehingga  memory DDR5 membutuhkan pendinginan super otimal.


Hal ini tentu berbeda dengan memory generasi sebelumnya, yang kemungkinan besar masih dapat diatasi dengan desain heatsink saja.


Kesimpulan perbedaan DDR5 DDR4 sangat berbedar dari tegnologi bentuk frekuensi dan kapasitasnya

Perkembangan teknologi yang sangat cepat terus meningkatkan performa. Perkembangan teknologi ditebus dengan harga dan biaya, karena teknologi merupakan hasil dari berbagai pemikiran untuk menciptakan hal baru belajar dari hal lama kemudian menciptakan hal terbaru yang tentu membutuhkan sejumlah modal untuk menebusnya dan. terus berkembnag 


  

0 Response to " Perbedaan RAM DDR4 dan DDR5"

Post a Comment

MELAYANG

KLik ya..