ini

LIHAT INI JUGA YA

COBA DISINI

KLik ya..

MELAYANG





Anggayuh kabegjan Hakiki kanti Syukur, Sabar, dan Istighfar

KHutbah Jumat Basa jawi  krama ingil terbaru

Khutbah jumat tentang sabar





إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَتُوْبُ إِلَيْ
 هِ ، وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا ؛
 مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَاهَادِيَ لَهُ ، 
وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ
 وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ،
 وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا،
 أَمَّا بَعْدُ
 Temen Allah Subhanahu wa Ta’ala sampun nyipta sedanten makhluk. Kanti sifat iman lan kafir. Temen begja ingkang iman,.. banjur temen tuna ingkang kafir. Allah Ta’ala dawuh,
فَمِنْهُمْ شَقِيٌّ وَسَعِيدٌ* فَأَمَّا الَّذِينَ شَقُوا فَفِي النَّارِ لَهُمْ فِيهَا زَفِيرٌ وَشَهِيقٌ* خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتْ السَّمَوَاتُ وَالأَرْضُ إِلاَّ مَا شَاءَ رَبُّكَ إِنَّ رَبَّكَ فَعَّالٌ لِمَا يُرِيدُ* وَأَمَّا الَّذِينَ سُعِدُوا فَفِي الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتْ السَّمَوَاتُ وَالأَرْضُ إِلاَّ مَا شَاءَ رَبُّكَ عَطَاءً غَيْرَ مَجْذُوذٍ
“…mangka ing antarane deweke ana kang cilaka lan ano kang begja. Gene kang cilaka, mangka (papane)  ing neraka, kang ambegkan  kanti ngrintih), langgeng saklawase  langit lan bumi, kajaba pangeran ngersakake (kang beda). Yekti pangeran iku Maha ngreksa babagan apa kang pangeran kersakake. Ananging wong-wong kang begja, mangka papane ing suwarga, langgeng saklawase langit lan bumi, kajaba Pangeran ngersakake (kang beda); dadi kanugrahan kang ora pedot.” (QS. Hud: 105-108).
Ibadallah,
    Sakjatosipun tuna munapa untung wonten sebab andasari. Tuna munapa cilak  disebabkaken kufur marang Allah ‘Azza wa Jalla, maksiat, tuwin nglampahi tumindak ala tanpa taubat. Ananging untung munapa begja  kanti dasar amal shaleh tuwin takwa marang Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Takwa dados sesae-saene sangu. Tumrap munapa mawon kang takwa.. tumrap munapa  mawon ingkang nglampahi kasaenan.. tumrap munapa kemawon ingkan islam kanti lempeng…
Ibadallah,
wonten tigang tabiat ingkang anggiring tiyang ing dalan kabegjan, sae ing dunya munapa ing akhirat. Tigang tabiat menika
 (1) nalika kaparingan rizki.. kelapangan. Gampil tansah syukur,
 (2) nalika nandang uji,.. bebendu..  susah.. tansah sabar,  
(3) nalika tumindak dosa tansah istighfar saha mertaubat.

 Mekaten tigang komponen pagesangan kang kang anggiring tiyang tumuju kabegjan.

Ingkang ateges nalika Allah paring nikmat, mangka deweke tansah imut syukur babagan nikmat. manfaatkaken kanikmatan kanti ambantu anaati Allah Subhanahu wa Ta’ala.  Deweke tansah amuji Allah ing  nikmat kasebut. Sae kanti cara dhzahir(ظاهر) munapa bathin (باطن)… imut bilih nikmat wau saking Allah.mboten wonten daya munapa upaya kajaba kanti ijinipun,.. kersanipun.. taqdiripun Allah Subhana Wa Ta’ala. Syukur anggadahi tigang tingkatan:
(1) Anyebut tuwin njlentrehkaken bilih kanikmatan wau mboten plek jalaran deweke kiyambak.. mboten luput kliyan bantuan Allah Subhana Wa Ta’ala.
(2) Nyekseni bilih saking Allah, kanti lahir dan batin.
(3) sehingga amanfaatkaken kanti  taat dumateng Allah.
 Mekatren tiyang ingkang amanfaatkaken   nikmat ing dipun paringin Allah Subhanahu wa Ta’ala.  Ingkang kosok wangsulanipun  ingkang ingkar mboten syukur, mangka Allah paring  adzab tumrap deweke. Allah Ta’ala dawuh,
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
Lan (Elinga), nalika Pangeran Dawuh; “temen nalika sira  syukur, yekti ingsun tambah (nikmat) tumrap sira, lan menawa sira angingkari (nikmat-ingsun), mangka yekti azab-ingsun  perih banget”. (QS. Ibrahim: 7)
Syukur mboten babagan lisan kemawon. Ananging syukur iku hadir ing lisan kanti ucapan, ing ati ugi perseksen, banjur dipun tindakkaken kanti badan ugi amalan.
Allah Ta’alaberfirman,
اعْمَلُوا آلَ دَاوُودَ شُكْراً وَقَلِيلٌ مِنْ عِبَادِي الشَّكُورُ
“he keluarga Daud sira merdi kanti syukur (marang Allah). lan stitik banget kawula ingsun kang Syukur.” (QS. Saba’: 13).
Ingkang kaping kalih, nalika nandang uji, sabar.
Allah Jalla wa ‘Ala dawuh,
وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ
“Ingsung bakal nguji sira kanti bebendu lan kasenan kang dadi pacoban (kang sebener-benere). lan marang ingsun sira pada bali.” (QS. Al-Anbiya: 35).
Fitnah ingkang dimaksud ing ayatinggin injih menika pacoban. Allah uji manungsa kasaenan lan bebendu. Sahingga ingkang  temen islam.. nalika  deweke diuji kasusahan sabar lan nalika diuji kanti kanikmatan deweke syukur, mekaten ingkang kawastanan tiyang-tiyang ingkang begjan.
Ananging seeprangan tiyang nalika  kaparingan  nikmat deweke kufur. Banjur nalika nandang musibah, deweke ingkar takdir Allah. Mekaten tiyang-tiyang ingkang cilaka lan binasa. Tiyang ingkang anggayuh derajat ingkang   utama tuwin mboten ugi kaparingan manfaat saking munapa kang deweke lampahi. Munapa ingkang dipun tindakkaken  bakal anggiring ing jurang kanistan.
Sahingga nalika Allah paring nikmat tumrap kita, mila mugi tansah syukur,… mboten dados tiyang sombong.  Mboten anggunakakaen kanikmatan kagem anindakkaken maksiat..mboten ugi njalarin ing syahwat. Mboten ambangun piranti ingkang njalur ing karusakan,  mboten ugi nyekuyung ing babagan syirik munapa tumindak kafir dumateng Allah Ta’ala.
  Jalaran tiyang-tiyang kafir ngolok-olok seperangan umat Islam.,, ingkang musibahipun wonten seperangan tiyang muslim nyekuyung ing babagan kufur, fajir, lan fasik menika, wal ‘iyadzubillah.

Tabiat ingkang nalika diuji  sabar,,,, dening Allah Ta’ala  sahingga jelas ingkang iman sakjatosipun… Allah Ta’ala dawuh,
(وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنْ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنْ الأَمْوَالِ وَالأَنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرْ الصَّابِرِينَ* الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ*)
“temen ingsun bakal paring pacoban tumrap sira, kanti  kawatir, luwe, kakurangan banda, jiwa lan woh-wohan. Lan sira ngabarkaken bebungahan tumrap wong-wong kang sabar. (yaiku) wong-wong kang menawa nandang musibah, deweke ngucapke : “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji´uun”.” (QS. Al-Baqarah: 155-156).
Banjur Allah Ta’ala catet tiyang-tiyang ingkang sabar kanti dawuhipun :
أُوْلَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُوْلَئِكَ هُمْ الْمُهْتَدُونَ
“deweke kabeh iku kang  kaparingan  kasampurnan lan rahmat saka pangerane lan deweke iku kalebu wong-wong kang kaparingan pituduh.” (QS. Al-Baqarah: 157).
Allah Jalla wa ‘Ala akan memberi musibah kepada para hamba-Nya sebagai ujian. Dan musibah yang paling besar dan paling berat adalah musibah yang menimpa para nabi kemudian orang-orang yang lebih rendah derajatnya dari para nabi. Kita bisa membaca sendiri di dalam Alquran, bagaimana perjalanan hidup para nabi? Bagaimana musibah yang menimpa mereka? Bagaimana gangguan yang mereka terima dari orang-orang kafir?
أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَثَلُ الَّذِينَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ مَسَّتْهُمْ الْبَأْسَاءُ وَالضَّرَّاءُ وَزُلْزِلُوا حَتَّى يَقُولَ الرَّسُولُ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ مَتَى نَصْرُ اللَّهِ أَلا إِنَّ نَصْرَ اللَّهِ قَرِيبٌ
“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” (QS. Al-Baqarah: 214).
Pertolongan Allah datang bersama kesabaran. Kebahagiaan itu hadir setelah adanya musibah. Dan kemudahan ada bersama kesulitan. Mereka tidak berputus asa walaupun musibah yang menimpa mereka semakin berat. Mereka bersabar atas bala’ dan bencana. Balasan mereka adalah kebaikan.
Ketiga, apabila berdosa, bersitighfar dan bertaubat.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ
“Setiap anak Adam melakukan kesalahan. Dan sebaik-baik orang yang melakukan kesalahan adalah mereka yang bertaubat.”
Seseorang itu berpotensi melakukan kesalahan. Namun apabila dosa-dosa itu menyebabkannya menjadi orang yang berputus asa dari rahmat Allah, maka dia akan menjadi orang yang celaka dan binasa. Jika saja orang yang banyak melakukan dosa bertaubat, maka Allah akan terima taubatnya, dan akan Allah balas dengan kebaikan. Allah Ta’ala berfirman,
وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS. Ali Imran: 133).
Demikian juga dengan firman-Nya,
وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ* أُوْلَئِكَ جَزَاؤُهُمْ مَغْفِرَةٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَجَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَنِعْمَ أَجْرُ الْعَامِلِينَ
“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.” (QS. Ali Imran: 136-137).
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
وَالتَّائِبُ مِنَ الذَّنْبِ كَمَنْ لا ذَنْبَ لَهُ
“Orang-orang yang bertaubat dari dosa-dosa, bagaikan orang yang tidak memiliki dosa.”
Oleh karena itu, janganlah seseorang merasa putus asa dari rahmat Allah dan ampunan-Nya. Yang harus dilakukan seseorang adalah bersegera bertaubat kepada-Nya.
قُلْ يَا عِبَادِي الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعاً إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ* وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ––
“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya” (QS. Az-Zumar: 53-54).
Barangsiapa yang bertaubat kepada Allah, sebanyak apapun dosa dan kesalahannya, Allah akan menghapus semua dosa dan kesalahan tersebut. Dia akan menghapus semua kejelekan yang telah hamba tersebut lakukan. Membersihkannya dari noda dosa jika taubatnya benar-benar jujur, bukan hanya di mulut saja.
Oleh karena itu, taubat pun memiliki syarat agar diterima:
Syarat pertama: meninggalkan perbuatan dosa.
Apabila seseorang beristighfar kepada Allah, memohon ampunan kepada-Nya, tapi ia tidak berpaling dari perbuatan dosa tersebut, maka taubatnya hanya sebatas ucapan saja. Dia tidak disebut orang yang bertaubat kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Orang yang demikian malah dikatakan orang yang bermain-main saja dengan taubatnya. Meninggalkan perbuatan dosa adalah syarat pertama diterimanya taubat.
Syarat kedua: bertekad agar tidak kembali melakukan dosa tersebut selama hidupnya.
Apabila saat bertaubat masih ada keinginan kembali melakukan dosa tersebut, taubat yang demikian tidaklah diterima di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Harus ada ketetapan di hatinya saat bertaubat, bahwa ia tidak akan mengulangi perbuatan dosa serupa. Apabila di hatinya masih tersimpan hasrat melakukan dosa semisal, maka dosa yang sama yang ia lakukan tidak terhapus.
Syarat ketiga: menyesali perbuatan tersebut.
Syarat keempat: apabila dosa tersebut terkait dengan kezaliman sesama manusia dalam hak atau harta mereka, maka disyaratkan harus mengembalikan harta atau meminta maaf kepada mereka.
Jadi taubat itu bukan hanya di lisan saja.
Syarat kelima: ketika nyawa belum sampai tenggorokan.
وَلَيْسَتْ التَّوْبَةُ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السَّيِّئَاتِ حَتَّى إِذَا حَضَرَ أَحَدَهُمْ الْمَوْتُ قَالَ إِنِّي تُبْتُ الآنَ
Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) ia mengatakan: “Sesungguhnya saya bertaubat sekarang”. (QS. Annisa: 8).
Seseorang yang menunda taubat hingga nyawanya berada di tenggorokan, yang saat itu ia tahu akan berpisan dengan kehidupan, maka tidak diterima taubatnya. Taubat adalah di saat sehat dan di saat hidup. Adapun taubat saat seseorang sudah merasa hidupnya akan berakhir, maka tidak diterima taubatnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ اللَّهَ يَقْبَلُ تَوْبَةَ الْعَبْدِ مَا لَمْ يُغَرْغِرْ
“Sesungguhnya Allah menerima taubat hamba selama nyawa belum sampai di tenggorokan.”
Yakni saat ruhnya belum mencapai tenggorokannya. Jika yang demikian diterima, niscaya manusia hanya akan bertaubat ketika kematian telah datang kepada mereka. Ada orang-orang yang meremehkan kemaksiatan mereka sering berucap, urusannya gampang, Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Iya betul, memang Allah Maha Pengampun dan Penyayang, tapi kepada siapa? Kepada orang-orang yang mau bertaubat. Allah Ta’alaberfirman,
وَإِنِّي لَغَفَّارٌ لِمَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحاً ثُمَّ اهْتَدَى
“Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.” (QS. Thaha: 82).
Inilah orang-orang yang akan diterima taubatnya dan diampuni oleh Allah. Adapun orang-orang yang mengatakan, “nanti aku bertaubat” atau orang-orang yang bersadar hanya dengan berharap kepada Allah karena Allah Maha Pengampun dan Penyayang, ini adalah angan-angan dan kedustaan semata. Mereka tidak berhak untuk mendapatkan qabul, penerimaan di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Ibadallah,
Barangsiapa yang memiliki ketiga sifat yang telah disebutkan di atas, maka merekalah orang-orang yang berbahagia. Apabila mereka diberi, mereka bersyukur. Diberi ujian, mereka bersabar. Dan berdosa, mereka segera bertaubat dan beristighfar. Ketiga hal ini adalah pengantar kebahagiaan hakiki kepada seseorang.
Kita memohon kepada Allah, agar Dia memeberi taufik kepada kita mengamalkan ketiga sifat yang agung ini. Semoga Allah menganugerahkan dan meberi hidayah saya dan Anda untuk bertaubat kepada-Nya. Kemudian menganugerahkan ampunan kepada kita semua.
Ketiga hal inilah yang mengantarkan kepada kebahagiaan. Kebahagiaan itu bukan dengan harta dan anak-anak. Bukan juga dengan kepemimpinan dan kekuasaan. Bahagia juga bukan dengan memperturutkan syahwat. Kebahagiaan yang hakiki adalah bertakwa kepada AllahSubhanahu wa Ta’ala.
وَفَقَنَا اللهُ وَإِيَّاكُمْ لِتَقْوَاهُ، وَالْعَمَلِ بِمَا يَرْضَاهُ، إِنَّهُ قَرِيْبٌ مُجِيْبٌ، أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.







Khutbah Kedua

:
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى فَضْلِهِ وَإِحْسَانِهِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ، وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا، أَمَّا بَعْدُ:
أَيُّهَا النَّاسُ، اِتَّقُوْا اللهَ وَأَطِيْعُوْهُ، وَتُوْبُوْا إِلَيْهِ وَاسْتَغْفِرُوْهُ،
Ibadallah,
Ada orang-orang yang melakukan dosa-dosa besar, sperti meninggalkan shalat, tidak membayar zakat, menjadi seorang liberal, dan atheis. Mereka berkata, “iman itu dengan hati bukan dengan shalat.”. Iman itu bukan hanya dengan amalan hati. Iman itu dengan hati, lisan, dan anggota badan,
Menurut pemahaman yang benar, pemahaman Ahlussunnah wal jamaah, iman itu adalah ucapan lisan, keyakinan hati, dan amal anggota badan. Adapun orang-orang yang meremehkan shalat, tidak membayar zakat, dan ragu-ragu dalam akidah mereka, mereka adalah seperti orang-orang yang Allah firmankan,
مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ * قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ * وَلَمْ نَكُ نُطْعِمُ الْمِسْكِينَ * وَكُنَّا نَخُوضُ مَعَ الْخَائِضِينَ * وَكُنَّا نُكَذِّبُ بِيَوْمِ الدِّينِ * حَتَّىٰ أَتَانَا الْيَقِينُ * فَمَا تَنْفَعُهُمْ شَفَاعَةُ الشَّافِعِينَ
“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?” Mereka menjawab: “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, hingga datang kepada kami kematian”. Maka tidak berguna lagi bagi mereka syafaat dari orang-orang yang memberikan syafaat. (QS. Al-Mudatstsir: 43-48).
“Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat”, ini adalah sebuah pelanggaran besar karena ia meninggalkan satu rukun Islam yang utama. Rukun Islam setelah dua kalimat syahadat.
“dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin” maksudnya kami dahulu tidak membayar zakat.
“dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya”, membicarakan tentang akidah dan perkara-perkara pokok dalam agama dalam bentuk keraguan dan membuat orang lain meragukannya. Mereka mengatakan, Islam itu bukan dengan shalat, Islam itu nilai-nilai demikian dan demikian. Bukan hanya Islam yang mengajak kepada Allah, mengajak kepada kebenaran, dll.
Oleh karena itu, bagi setiap muslim hendaknya mereka bertakwa kepada Allah. Menyelamatkan dirinya sebelum kematian datang. Berdoa kepada Allah untuk kebaikan dunia dan akhiratnya. Senantiasa memperbaiki diri, kemudian juga berusaha memperbaiki lingkungan sekitarnya. Mengajak kepada kebaikan dan melarang dari kemungkaran. Dan berdakwah kepada Allah dengan modal ilmu dan petunjuk. Allah Ta’ala berfirman,
وَالْعَصْرِ* إِنَّ الإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ* إِلاَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ
“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al-Ashr: 1-3).
Inilah profil mukmin sejati. Semoga Allah menjadikan saya dan Anda semua termasuk seorang mukmin yang sejati.
ثم اعملوا عباد الله، أنَّ خَيْرَ الحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الهُدَى هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَشَرَّ الأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ، وَعَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ، فَإِنَّ يَدَ اللهِ عَلَى الجَمَاعَةِ، وَمَنْ شَذَّ شَذَّ فِي النَّارِ.
(إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا)، اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّناَ مُحَمَّدٍ، وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنْ خُلَفَائِهِ الرَّاشِدِيْنَ، اَلْأَئِمَّةِ المَهْدِيِّيْنَ، أَبِي بَكْرٍ، وَعُمَرَ، وَعُثْمَانَ، وَعَلِيٍّ، وَعَنِ الصَّحَابَةِ أَجْمَعِيْنَ وَعَنِ التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنَ.
اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَدَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنَ، وَانْصُرْ عِبَادَكَ المُوَحِّدِيْنَ، يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ يَا سَمِيْعَ الدُّعَاءِ، اَللَّهُمَّ آمِنَّا فِي أَوْطَانِنَا، وَأَصْلِحْ أَئِمَّتَنَا وَوُلَاةَ أُمُوْرِنَا، وَاجْعَلْ وِلَايَتَنَا فِيْمَنْ خَافَكَ وَاتَّقَاكَ وَاتَّبَعَ رِضَاكَ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ وَفِّقْ وَلِيَّ أَمْرِنَا لِمَا تُحِبُّهُ وَتَرْضَاهُ مِنْ سَدِيْدِ الأَقْوَالِ وَصَالِحِ الأَعْمَالِ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ . (رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنْ الْخَاسِرِينَ)، عَلَى اللهِ تَوَكَّلْنَا، (رَبَّنَا لا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ* وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنْ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ).
عِبَادَ اللهِ، (إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنْ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ)، (وَأَوْفُوا بِعَهْدِ اللَّهِ إِذَا عَاهَدْتُمْ وَلا تَنقُضُوا الأَيْمَانَ بَعْدَ تَوْكِيدِهَا وَقَدْ جَعَلْتُمْ اللَّهَ عَلَيْكُمْ كَفِيلاً إِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا تَفْعَلُونَ)، فَذْكُرُوْا اللهَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَر، وَاللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ.
Diterjemahkan dari khotbah Jumat Syaikh Shaleh al-Fauzan hafizhahullah
Oleh tim KhotbahJumat.com
Artikel www.KhotbahJumat.com

0 Response to "Anggayuh kabegjan Hakiki kanti Syukur, Sabar, dan Istighfar"

Post a Comment

MELAYANG

KLik ya..