ini

LIHAT INI JUGA YA

COBA DISINI

KLik ya..

MELAYANG





ARTIKEL ELEKTROSTOP


            


FUNGSI  ELEKTROSKOP

  • Mengetahui ada tidaknya muatan listrik suatu benda. Jika kepala elektroskop didekatkan (diinduksi) dengan benda bermuatan listrik, maka muatan kepala elektroskop menjadi berlawanan dengan muatan penginduksi, sedangkan daun elektroskop akan bermuatan sama dengan muatan penginduksi. Oleh karena daun elektroskop bermuatan sama, maka daun elektroskop saling tolak-menolak dan membuka.
  • Menyimpan muatan listrik walaupun sangat kecil. Elektroskop bermuatan listrik ditandai dengan posisi daun membuka.
  • Mengetahui jenis muatan listrik pada suatu benda. Jika elektroskop bermuatan listrik diinduksi dengan benda bermuatan listrik, bukaan daun makin lebar jika muatan listrik elektroskop sarna dengan muatan penginduksi dan bukaan daun berkurang (menutup) jika muatan elektroskop berbeda dengan muatan penginduksi.
PRINSIP KERJA ELEKTROSKOP
 Apabila sebatang pelat politen yang bermuatan negatif didekatkan pada kepala elektroskop yang netral, maka elektron di dalam kepala elektroskop berpindah menuju pelat dan daun elektroskop. Akibatnya, kepala elektroskop kekurangan elektron (bermuatan positif) dan daun elektroskop kelebihan elektron (bermuatan negatif). Pelat dan daun sama-sama bermuatan listrik negatif. Sehingga terjadi gaya tolak-menolak. Dan daun elektroskop membuka (mekar).

Apabila kepala elektroskop netral di dekatkan sebatang kaca yang bermuatan listrik positif, maka elektron – elektron yang berada pada daun dan pelat elektroskop ditarik menuju kepala elektroskop (Ingat positif-negatif saling tarik menarik). Akibatnya , kepala elektroskop bermuatan listrik negatif, pelat dan daun elektroskop membuka (mekar) karena terjadi gaya tolak menolak.

Elektroskop yang telah bermuatan listrik ini dapat digunakan unutk mengetahui jenis muatan. Apabila benda yang didekatkan kepala elektroskop menyebabkan daun elektroskop lebih mekar, maka muatan listrik pada kepala elektroskop adalah sejenis dengan benda yang didekatkan. Apabila benda yang di dekatkan menyebabkan daun elektroskop lebih kuncup, maka muatan listrik pada kepala elektroskop adalah tidak sejenis dengan benda yang di dekatkan.


0 Response to "ARTIKEL ELEKTROSTOP"

Post a Comment

MELAYANG

KLik ya..